Iklan

Iklan

,

Iklan

Hari Kesehatan Nasional ke-55, Pemprov Lampung Sosialisasikan Peran Keluarga dalam Mewujudkan Program Indonesia Sehat

Redaksi
Senin, 18 November 2019, 17:57 WIB Last Updated 2019-11-18T10:57:33Z


Bandar lampung (timenews.id) --- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengajak semua pihak mewujudkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Hal ini diungkapkan Sekdaprov saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN ) ke – 55, di Balai Keratun Provinsi Lampung, Senin (18/11/2019).

Peringatan HKN tahun 2019 ini mengusung tema Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga. Tema ini menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Saya berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang Sehat dan Lampung Sehat khususnya,” ujar Sekdaprov Fahrizal

Sekda Fahrizal juga mengatakan selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

Oleh karena itu diterbitkanlah Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), lintas sektor dan lintas program bersama-sama mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.
“Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan kesehatan kita,” ujar Sekda Fahrizal.

Fahrizal mengharapkan Peringatan HKN ke – 55 ini sebagai momentum untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat seluruh masyarakat Lampung, untuk lebih memberi makna akan pentingnya kesehatan. Hal ini sebagai salah satu paya mewujudkan salah satu Visi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi “Rakyat Lampung Berjaya (Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing, Sejahtera).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menyampaikan tujuan diadakannya peringatan HKN adalah momentum pengingat publik bahwa derajat setinggi tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan. Hal itu bisa dilakukan dengan memprioritaskan promotif – preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas.

Diharapkan dari Pemerintah Pusat, daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akedemisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.
"Dan diharapkan masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat," ujar Reihana. Acara HKN ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang telah dilakukan dalam rangka memeriahkan HKN tahun 2019.

“Beberapa rangkaian acara yang telah kita lakukan di antaranya Videoconference dengan Menteri Kesehatan, seminar kesehatan, lomba olah raga rakyat, dan penilaian serta pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan Provinsi Lampung tahun 2019”, kata Reihana.

Adapun beberapa kategori yang menerima penghargaan pada peringatan HKN 2019 ini adalah Kategori Tenaga Dokter, Kategori Tenaga Perawat, Kategori Tenaga Bidan, Kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat, Kategori Tenaga Kesehatan Lingkungan, Kategori Tenaga gizi, Kategori Tenaga farmasi.

Tidak hanya itu, ada pula Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri yang dibagi menjadi dua yaitu Kategori Puskesmas wilayah pedesaan dan Katergori Puskesmas Wilayah Perkotaan. (Humas Prov Lampung)

Iklan