Iklan

Iklan

,

Iklan

Gubernur Kembangkan Sapi Padang Mangatas di Lamtim

Redaksi
Minggu, 31 Desember 2017, 08:46 WIB Last Updated 2017-12-31T01:46:29Z

Lampung Timur (Timenews.co.id) -- Program pengembangan peternakan rakyat terus dilakukan oleh Gubernur Muhammad Ridho Ficardo. Selain bertujuan meningkatkan populasi di Provinsi Lampung, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak. Menurut Gubernur, peningkatan populasi sapi berhasil menempatkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional, bahkan menjadi pemasok daging ke Jakarta. "Kita terus menggulirkan program peternakan rakyat, selain untuk peningkatan populasi juga pengembangan bibit unggul di peternakan rakyat," ujar Gubernur Ridho, Kamis (27/12/2017).

Gubernur mengakui untuk mengembangkan peternakan rakyat butuh komitmen kuat dari kalangan pengusaha peternakan karena hal tersebut menyangkut pengembangan ternak bermutu. "Misalnya sapi dari Padang Mengatas Sumatera Barat kita coba kembangkan di sini," kata Gubernur. Seperti diketahui, Padang Mangatas merupakan kawasan peternakan sapi yang merupakan perpaduan peternakan rakyat dengan hamparan padang rumput alam yang luas sebagai pakannya. Sapi di kawasan ini tumbuh baik dan bisa dikembangkan ke daerah lain. Presiden Joko Widodo yang pernah mengunjungi Padang Padang Mangatas menilai kualitas sapi daerah ini sangat baik.

Gubernur Ridho mengupayakan Lampung mendapatkan bibit sapi ini dan berhasil memeroleh hibah dari UPT BPTU HPT Padang Mengatas Sumatera Barat sebanyak 20 ekor sapi. Sapi tersebut jenis Simental dan Pesisir, langsung diserahkan ke masyarakat peternak di Kelompok Tani Karya Lestari, Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur, Rabu (27/12) siang. Penyerahan dilakukan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dessy Desmaniar Romas kepada kelompok tani.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Ir. Lili Mawarti., mendampingi Kadis Dessy Romas, mengatakan dari 20 ekor sapi tersebut jenis sapi Simental 11 ekor (3 jantan dan 8 betina), kemudian sapi pesisir 9 ekor (2 jantan dan 7 ekor betina).

"Penyerahan bantuan ternak kepada kelompok tani ini, dilakukan sebagai upaya kongkrit dari Pemprov Lampung untuk meningkatkan kesejahteraan peternak dan menambah populasi sapi di Provinsi Lampung." Ujar Ir. Lili Mawarti.

Selain penyerahan sapi hibah kepada kelompok tani Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyerahkan sebanyak 20 ekor kerbau kepada Kelompok Tani Jag Gham, Menggala Tengah lingkungan Labuhan Dalam Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang medio Oktober 2017 lalu. (Humas Prov)

Iklan