Iklan

Iklan

,

Iklan

Ketua TP-PKK Pesawaran Resmikan Kampung KB Desa Trisnomaju

Redaksi
Kamis, 02 Februari 2023, 15:34 WIB Last Updated 2023-04-23T08:35:22Z

 


PESAWARAN (MDSnews)-Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi melakukan pembinaan kepada pada kader sekaligus meresmikan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Trisnomaju Kecamatan Negeri Katon kabupaten setempat.


Nanda mengatakan, Kampung KB tersebut merupakan satuan wilayah setingkat desa, terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya.


“Untuk meningkatkan sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia,” kata Nanda, Rabu (01/02/2023).


Ia mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB di setiap desa, maka diharapkan dapat dibentuk dan dikembangkannya Kampung KB tersebut.


Baik secara kuantitas di setiap desa maupun secara kualitas dengan semakin bertambahnya klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas pada tingkat mandiri dan berkelanjutan.


“Hal itu sebagaimana tertuang pada Instruksi Presiden No: 3/2022, tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas mendukung keterlibatan lintas sektor di Kampung KB dengan mensinergikan program dan kegiatan dari Kementerian Lembaga berbasis desa,” ujarnya.


“Dan salah satu strategi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas yakni melalui pengintegrasian program pembangunan sumber daya manusia berbasis keluarga,” tambahnya.


Menurut Nanda, PKK sendiri merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan, mempunyai tugas membantu pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.


“Melalui 10 program pokok kerja yang ada, PKK kini telah banyak berperan dalam pembangunan keluarga dan masyarakat, mulai dari dari tingkat Dasawisma, Rukun Tetangga, Dusun, Desa sampai ke tingkat nasional,” kata dia.


Karenanya, Ia berharap, kedepan Kepala Desa setempat dapat dapat memprioritaskan program percepatan desa penurunan stunting dengan dukungan dana desa dalam rangka pemenuhan gizi bagi remaja calon pengantin, ibu hamil, ibu ifas anak baduta dan anak balita.


“Lalu kepada TP-PKK desa, saya berharap agar ibu-ibu dapat mengoptimalkan kegiatan tentang pola asuh terhadap anak dan pemberian asupan makanan bergizi,” harapnya.


Tak hanya itu, dirinya juga mengingatkan kepada Tim Penggerak PKK desa agar dapat mengupayakan pencegahan kekerasan perempuan dan anak di Kabupaten Pesawaran.


“Mari bersama-sama Tim Penggerak PKK Desa serta seluruh masyarakat untuk memaksimalkan perannya dengan membentuk Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap Desa,” timpalnya.


Sementara, Camat Negeri Katon Enggo Pratama mengingatkan agar para kader dapat mengikuti kegiatan pembinaan tersebut dengan baik dan konsentrasi penuh, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.


“Dan dari pembinaan ini, semoga nantinya ibu-ibu juga dapat membina seluruh kader lainnya, sehingga kedepannya keluarga-keluarga di Negeri Katon ini khususnya Trisnomaju dapat lebih berkualitas,” kata Enggo.


“Sebab, jika ingin daerahnya maju, maka harus dimulai dari kualitas SDM-nya yang ditingkatkan,” pungkasnya. (*)

Iklan