timenews.co.id

 


Bandar Lampung – Azwar Yacub Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan Partai Golkar Lampung Azwar Yacub merupakan putra daerah Lampung yang kini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung di Komisi IV bidang Infrastruktur.

Secara perjalanan karir, Azwar Yacub sudah menjadi anggota DPRD 6 periode sejak tahun 1997 sampai hari ini Jauh sebelum menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi, Azwar Yacub pernah mengalami pahitnya perjuangan.

Ia terlahir dari keluarga sederhana, Ayahnya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIA di Departemen Agama.

Sedangkan ibundanya adalah seorang guru Bahasa Arab Azwar Yacub merupakan anak kedua dari 7 bersaudara diwawancarai, Selasa (20/9/22) Azwar menceritakan perjuangan dan awal mula perjalanan karirnya.

“Jadi awalnya saya tidak pernah bercita-cita untuk menjadi anggota legislatif, pasca lulus SMA karena keterbatasan keluarga, saya memilih untuk menjadi karyawan swasta,” kata Azwar Yacub kepada Tribunlampung.

“Tepat pada tahun 1982 saya bekerja di Kantor Puskud Provinsi Lampung di Bidang Koperasi, kala itu sebagai tukang bikin amplop dan keliling untuk mengantar surat di seluruh kantor di Bandar Lampung.”

“Seiring berjalannya waktu alhamdulillah takdir mengantarkan saya, yang tadi hanya pembuat amplop hingga saya menjadi Direktur Puskud Provinsi Lampung,” tuturnya.

Perlahan tapi pasti perjalanan Azwar Yacub tidak sampai di direktur saja, namun ia diminta oleh berbagai organisasi untuk bergabung.

“Jadi di tengah menjalankan tugas sebagi direktur saya diminta oleh teman-teman saya untuk jadi Bendahara KNPI, jadi Bendahara Ampi dan diajak juga jadi Bendahara Pemuda Pancasila dan kala itu juga saya diminta untuk jadi Bendara Partai Golkar Lampung,” kata dia.
“Di situlah awal mula perjalanan saya di politik.”

Seiring berjalannya waktu pada tahun 1997, Azwar Yacub diminta partai untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Bandar Lampung untuk masa bakti 2 tahun. Kemudian pada tahun 1999 ia kembali diberi amanah sebagai anggota DPRD Bandar Lampung dan dipercayai untuk memimpin Komisi E DPRD Bandar Lampung di kala itu.

Dalam Pemilu langsung pada tahun 2004 Azwar Yacub, kembali dipercayai masyarakat untuk menjadi anggota DPRD Bandar Lampung dan melalui pemilihan seluruh dewan kota ia terpilih sebagai anggota DPRD Bandar Lampung di kala itu. Selanjutnya pada pemilu 2009, ia mendapat amanah dari partai Golkar untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung dapil Tulang Bawang.

Dan berkat pengalamannya ia kembali dipercaya masyarakat untuk menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dapil Tulang Bawang Lampung. Masuk pemilu 2014 dan 2019 ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung di dapil 1 Bandar Lampung dan kembali mendapat amanah di legislatif.

Kini Azwar Yacub menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung di Komisi IV Bidang Infrastruktur. Perjalanan panjang di legislatif Azwar Yacub dikenal sebagai sosok pemimpin yang mengedepankan kepentingan masyarakat. Terlepas dari itu saat disinggung harapannya pada Pemilu 2024, Azwar Yacub mengatakan ingin mengabadikan diri di Bandar Lampung.

“Insyaallah kalau Allah menghendaki saya memiliki harapan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Bandar Lampung di Pilkada 2024,” kata dia.

“Namun, itu semua sudah ada suratan takdir masing-masing, kita hanya bisa berdoa semoga senantiasa diberi kesehatan dan kepercayaan oleh masyarakat untuk ke depan,” tandasnya.