Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
 Selasa, CJH Tuba dijadwalkan berangkat

Selasa, CJH Tuba dijadwalkan berangkat

ilustrasi

Tulang Bawang (TN)-keberangkatan calon haji Tahun 1438 H/ 2017 M kali ini, Sebanyak 238 calon jamaah haji (CJH) dari Kabupaten Tulang bawang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pekan depan. CJH asal Kabupaten Tulang bawang tersebut dijadwalkan akan berangkat pada hari selasa (15/8) dan tergabung ke kloter 47 bergabung dengan Kabupaten Pringsewu, Pesisir Barat dan Bandarlampung.

Kepala seksi pemberangkatan haji dan umroh Sumar mengatakan, sebanyak 238 CJH Kabupaten Tulang bawang akan bertolak ke tanah suci pada 15 Agustus pekan depan.
“Rencana rombongan calon haji Tulang bawang akan bertolak menuju Bandarlampung pada Senin (14/8) dan masuk semalam di Asrama Haji Lampung. Keesokan harinya Selasa siang (15/8) akan bertolak menuju Embarkasi Jakarta. Sorenya para jemaah haji akan terbang menuju Madinah,” jelasnya.

Untuk Kloter keberangkatan, lebih jelas Sumar menjelaskan sebanyak 235 CJH Tulang bawang masuk ke kloter 47 bergabung dengan Kabupaten Pringsewu, Pesisir Barat dan Bandarlampung. Sedangkan 3 orang cadangan tergabung ke dalam kloter 61 JKG dan berangkat pada 24 Agustus 
Ia juga menyatakan, sejauh ini seluruh CJH dalam kondisi yang sehat. Pun demikian dengan kelengkapan seperti paspor dan visa "Tidak ada masalah,"ungkapnya.

Sumar mengatakan, Kemenag mengimbau agar CJH menjaga kondisi kesehatannya karena cuaca di Arab Saudi sangat panas. Yakni, mencapai 50 derajat Celcius Kondisinya lebih panas dua kali lipat dari cuaca di Tulang bawang sehingga perlu asupan air mineral yang banyak.

Ia juga melanjutkan, para jamaah diimbau untuk tidak membawa barang-barang keperluan pribadi yang berlebihan dan lebih baik membawa pakaian secukupnya saja selama menunaikan ibadah.

“Para jemaah haji diimbau membawa stok masker lebih banyak dan semprotan air di muka serta memperbanyak mengkonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi,” terang Sumar.
Pria berpeci tersebut juga menambahkan lagi, seluruh jemaah haji yang berjumlah 238 juga telah disuntik meningitis oleh Diskes sebagai upaya dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

“Hingga saat ini belum ada calon jamaah haji yang mengundurkan diri ataupun batal berangkat haji. Saya berharap jumlah jamaah calon haji kabupaten Tulang bawang tetap tidak berubah hingga berangkat dan pulang nanti tentunya,” tandasnya. (Brama)