Iklan

Iklan

,

Iklan

FX Siman Tegaskan Bahwa Pancasila Merupakan Pegangan Hidup Berbangsa

Redaksi
Jumat, 14 April 2023, 09:58 WIB Last Updated 2023-04-26T03:00:14Z

 


Pringsewu — Bangsa Indonesia kaya akan suku, adat, agama, ras dan golongan. Hal tersebut, dibutuhkan penguatan persatuan dan kesatuan antar warga negara, serta masyarakat. Sehingga, upaya – upaya dari oknum yang mencoba mengrogoti Pancasila melalui paham – paham radikal, dapat tertutup, dan bahkan hilang di bumi pertiwi, khususnya Kabupaten Pringsewu.


Komitmen tersebut, ditunjukan oleh 85 anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019 – 2024, dengan terus memberikan edukasi pemahaman Pancasila itu sendiri, melalui kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila secara kontinu secara serentak dalam setiap bulannya.


Dalam sambutannya, Anggota DPRD Provinsi Lampung FX. Siman mengatakan, bahwa kita adalah bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika, dan kaya akan suku, adat, agama dan budaya. Sehingga, persatuan dan kesatuan wajib dijunjung tinggi untuk melawan paham Radikal yang mencoba masuk.


“Pancasila adalah pegangan dan rujukan kita, dalam berbangsa dan bernegara. Karena, dalam merumuskan pancasila, para pendiri bangsa memiliki tujuan agar bangsa yang kaya akan latar belakang adat dan budaya ini tetap bisa bersatu dan menjadi bangsa yang kuat,” Kata FX. Siman. Dihadapan masyarakat Pekon Fajar Agung, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Jum’at (14/04/23).


Oleh karena itu, lanjut Pakde sapaan akrabnya. Sebagai wakil rakyat mengingatkan kepada masyarakat Pringsewu dan Lampung, bahwa dengan keberagaman yang ada. Maka, sikap toleransi dan tenggang rasa menjadi sangatlah penting. Sehingga, dalam bermasyarakat dapat terhindar dari perpecahan dan konflik sesama anak bangsa.


“Sifat gotong-royong itu budaya asli bangsa Indonesia. Sehingga harus saling membantu satu sama lain. Jadi, tidak boleh hanya mementingkan kepentingan peribadi. Karena, persatuan dan kesatuan harus lebih diutamakan,” Ujarnya.


Karena, tambah Pakde. Pada pokoknya, ideologi Pancasila mengamanahkan bahwa kita harus hidup rukun, saling menguatkan dan saling mengingatkan. “Nah, disini saya sengaja menghadirkan dua narasumber, yaitu Mas Andoyo dan Bu Dewi. Nanti, mereka berdua akan mengupas, dan memaparkan materi Pancasila secara jelas. Tolong, ikuti dengan baik,” Tegasnya.

Iklan