Iklan

Iklan

,

Iklan

Tambah Satu, Pasien Covid-19 Sembuh Asal Pesawaran

Redaksi
Jumat, 08 Mei 2020, 06:09 WIB Last Updated 2020-05-27T23:09:53Z
Kabupaten Pesawaran (Timenews.id) --  Bertambah satu, status Orang Tanpa Gejala (OTG), asal warga Kecamatan Gedong Tataan, sementara satu pasien dinyatakan sembuh asal warga Kecamatan Teluk Pandan, pada Kamis (21/05/20202), setelah menjalani perawatan selama dua bulan di Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Lampung Selatan.

Juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pesawaran, Dr. Aila Karyus mengungkapkan satu warga asal Kecamatan Gedong Tataan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab.

“Saat ini ada penambahan satu lagi warga Kecamatan Gedong Tataan, yang terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan pada tanggal 8 Mei 2020, yaitu berinisial WY,” ujar Dr. Aila.

Dimana lanjut Dr. Aila, sebelumnya tuan WY dinyatakan reaktif berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid test yang telah dilakukan di salah satu Rumah Sakit Swasta di Lampung Selatan oleh perusahaan tempat dia (WY,red) bekerja.

“Tepatnya pada tanggal 6 Mei 2020 seluruh karyawan tempat tuan WY bekerja dilakukan Rapid Test, dan hasilnya tuan WY dinyatakan reaktif, kemudian yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri dirumah, berdasarkan hasil Rapid Test itu,” ungkap Juru Bicara Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Pesawaran ini.

Menurutnya, hal tersebut dari pihak Rumah Sakit melaporkan hasil ini ke Dinas Kesehatan Lampung Selatan dan dikarenakan tuan WY beralamat di Gedong Tataan.

” Maka Dinas Kesehatan Lampung Selatan melaporkan hal ini ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran,” jelas Dr. Aila.

Mengetahui hal tersebut, sambung Dr. Aila, Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Pesawaran segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap tuan WY.

” Selanjutnya Tim surveilans Kabupaten Pesawaran dan Puskesmas Gedong Tataan melakukan pengambilan swab. Sedangkan pihak WY sangat kooperatif dan bersedia untuk dilakukan swab dan diisolasi mandiri dirumah, karena tanpa gejala,” ujarnya.

Dengan demikian, masih disampaikan Dr.Aila, Tuan WY ditetapkan statusnya sebagai OTG dan positif covid19, saat ini dirawat di RS Bandar Negara Husada.

“Selain Swab, kita juga melakukan tracing terhadap keluarga pasien, dan berdasarkan hasil Rapid Test yang kita lakukan kepada 3 orang keluarganya, semuanya hasilnya Non Reaktif,” terangnya.

Lebih lanjut, Dr. Aila menyampaikan satu pasien yakni tuan B warga Kecamatan Teluk Pandan telah dinyatakan sembuh.

” Atau negatif berdasarkan hasil pemeriksaan RT PCR yang dilakukan kepada pasien selama dua kali,” terangnya.

Masih menurut Dr. Aila, sebelumnya pasien tersebut dinyatakan terkonfirmasi Positif Covid-19, setelah dilakukan pemeriksaan Swab, hingga akhirnya dirawat di Rumah Sakit Bandar Negara Husada.

” Dan saat ini tuan B sudah pulang dan harus tetap melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari kedepan,” pungkasnya.

Iklan