Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Bupati Asahan Pastikan Kesiapan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19

Bupati Asahan Pastikan Kesiapan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19

Asahan,(timenews.id)-   Pasca dibentuk Posko Gugus Tugas penanganan Corona per tanggal 27/3/2020), untuk cegah penyebaran virus corona, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten  Asahan langsung bergerak cepat.  Setelah lakukan  koordinasi serangkaian pelaksanaan tugas, pada Minggu (29/3/2020).

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc yang merupakan Ketua Tim, tinjau kesiapan Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Asahan untuk dijadikan sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan.

Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah, dan Asisten juga OPD terkait. Bupati Asahan H.Surya BSc menyampaikan gedung (DEKRANASDA) diubah sementara menjadi Posko dalam penanganan virus corona Covid 19 di Kabupaten Asahan.

Kita pastikan kesiapan gedung (DEKRANASDA) sebagai posko bagi tim yang akan bertugas untuk mencegah penyebaran virus corona, mulai Senin (30/3/2020) akan mulai beroperasi.

Selanjutnya, Bupati juga menjelaskan nantinya di posko tersebut akan ditempatkan petugas dari beberapa unsur yakni tenaga kesehatan, TNI, Polri dan pimpinan wilayah setempat, petugas nantinya akan stand bay diposko dalam 24 jam setiap hari untuk terima laporan dan penanganan awal penyebaran Covid-19”, Ucap Bupati

Selesai tinjau posko kesiapan, Bupati Asahan lakukan kunjungan ke RSUD HAMS untuk pantau dalam pelaksanaan antisipasi penyebaran virus corona.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur RSUD HAMS dr. Edi Iskandar juga melaporkan kepada Bupati bahwa RSUD HAMS telah penuhi standar operasional prosedur dan penanganan bila nantinya terdapat pasien yang tertular virus corona Covid19 tersebut.

Bupati Asahan dalam kunjunganya, juga terima laporan dari Dirut RSUD HAMS, bahwa saat ini ada satu orang dengan status ODP tengah dirawat di ruang isolasi RSUD HAMS. Terima laporan tersebut, Bupati Asahan lihat kondisi pasien yang dirawat di RSUD HAMS Kisaran.

Bupati juga menyampaikan kepada Dirut RSUD HAMS bahwa segala biaya perobatan pasien tersebut akan ditanggung oleh saya”, Ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat  Asahan, agar tetap waspada terhadap penyebaran virus corona. Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jangan panik dan jangan  melakukan tindakan yang berlebihan dalam membeli kebutuhan, serta kurangi aktifitas di luar rumah dan tempat keramaian bila tidak ada kepentingan mendesak”, tandas Bupati Asahan.

Bupati juga berharap partisipasi dari masyarakat untuk proaktif dan  mencegah penyebaran virus corona dengan melaporkan kepada Sekretariat Gugus Tugas bila mengetahui ada warga yang memiliki gejala tertular virus corona atau baru kembali dari luar daerah yang terjangkit virus corona, tolong secepatnya anda menghubungi kami ke call center Gugus Tugas di Nomor 08116796119 Ini.

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin juga himbau masyarakat untuk tetap berada dirumah. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona agar tidak masuk ke Kabupaten Asahan.

Dirinya juga berpesan kepada warga Asahan yang berada di luar kota untuk tidak memaksakan kembali ke Kabupaten Asahan bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak.

“saya himbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, dan bila ada warga Asahan yang ada diluar kota dengan kebutuhan yang tidak mendesak, hendaknya memanfaatkan penggunaan teknologi informasi untuk selesaikan kepentingan tanpa harus memaksakan datang ke Kab. Asahan”, ucap Sekda.

Terakhir, Sekda berpesan kepada masyarakat agar menerapkan pola physical distancing dengan menjaga jarak fisik dan mengisolasi diri jika sedang sakit memang diperlukan untuk meredam penyebaran COVID-19.

“masyarakat diminta tetap melakukan interaksi sosial seperti biasa, namun kali ini mungkin dengan cara lain yang tidak memerlukan kehadiran fisik secara langsung, semisal memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan media sosial”, pungkas Sekda.(Risma)