Iklan

Iklan

,

Iklan

Plt.Nanang Ermanto,Berikan Alsintan Pada Poktan Dusun Sudul Sukamarga Kec.Sidomulyo Lampung Selatan.

Redaksi
Rabu, 06 November 2019, 11:56 WIB Last Updated 2019-11-12T04:59:22Z


Lampung Selatan ( time news.id ) --- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto, memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) 2 unit hand traktor roda dua, 2 unit pompa air dan pestisida satu paket.

Bantuan Alsintan diberikan pada Kelompok Tani di Dusun Sudul, Desa Suka marga Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan saat acara Panen Raya Daun Bawang (Leunchang), pada Rabu(6/11/19) Dusun setempat.

Bantuan tersebut diberikan Nanang Ermanto sebagai bentuk apresiasi atas terobosan pintar yang dilakukan para petani yang memilih tanaman sayuran jenis bawang daun ditengah musim kemarau yang berkepanjagan ini, tanaman leunchang hanya memerlukan sedikit air  dengan masa tanam sampai panen hanya membutuhkan waktu selama 45 hari.

Sementara Plt Kepala Dinas TPH dan Perkebunan, Noviar Akmal menjelaskan satu hektar lahan, dapat menghasilkan bawang daun sebanyak 15 ton dengan harga jual terendah sebesar Rp. 8.000/kg harga tingkat petani.

"Daun bawang (Leunchang) ini nilainya sudah cukup lumayan, dan sudah dijual sampai pasar kalianda dan jatimulyo dengan harga jual dua kali lipat dari harga petani, tentunya ini sangat membantu meningkatkan perekonomian petani," ujar Noviar dilokasi panen.

"Kita juga akan memberikan bantuan Alsintan dari Menteri Pertanian RI, yang harapannya kedepan teknik bertani akan kita coba untuk menarik sebanyak mungkin petani-petani medial untuk bagaimana membangun petani di desa yang sangat kaya raya ini", Ucapnya.

Di Samping itu Plt. Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto mengatakan, Penyerahan bantuan alsintan  merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk mendukung percepatan kegiatan optimasi lahan hasil pertanian  dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten petani di Lampung Selatan yang sejahtera.

"Kawasan Bawang daun saat masih terkonsentrasi di dua kecamatan, yakni Sidomulyo dan Candipuro. Namun dengan harga komoditas ini yang cukup tinggi diharapkan akan menjadi komoditas komersial sebagai pengungkit", katanya.

"Saya berharap, melalui kegiatan panen bawang daun di desa Sukamarga Kecamatan Sidomulyo ini pada hari ini akan menjadi contoh positif bagi petani di desa-desa lain untuk juga melirik  bawang daun sebagai salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi", harapnya.

Nanang Juga berharap agar kelompok tani dapat mengoptimalkan memanfaatkan, dan menggunakan serta memelihara bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah sehingga dapat meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan terlebih khusus lagi bagi para petani."tutupnya.(Hrmn/kmf)

Iklan