Iklan

Iklan

,

Iklan

Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu Dapat Gelar Suttan Raja Kaca Marga

Redaksi
Senin, 22 Mei 2017, 01:47 WIB Last Updated 2017-05-28T18:47:19Z

Bandar Lampung (Timenews.co.id) -- Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu adalah putra terbaik Lampung. Banyak prestasi yang dicapai, baik untuk Lampung maupun untuk negara. Seharusnya prosesi ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

Ini disampaikan Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo saat menghadiri penganugerahan gelar kehormatan Ryamizard Ryacudu sebagai pembina para penyimbang adat 62 marga se-Lampung, di Hotel Novotel, Minggu (21/5).

“Saat ini banyak putra – putri terbaik Lampung yang duduk di jajaran kabinet presiden republik Indonesia. Jadi, jangan heran kalau Indonesia sekarang ini tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya merupakan kontribsi dari putra – putri terbaik Lampung,” kata Ridho

Ridho juga mengatakan masyarakat Lampung memiliki sifat terbuka kepada siapapun. Sehingga, meski terkadang ada sedikit persoalan, tapi tidak pernah sampai menimbulkan masalah yang berarti.

“Mari kita jaga terus kekompakan dan keguyuban, agar Lampung tetap aman, damai, dan sejahtera,” ajaknya.

Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada penyimbang adat 62 marga di Lampung yang hadir bersilaturahmi. Kegiatan ini merupakan suatu upaya agar adat budaya Lampung tidak tenggelam di tanahnya sendiri.

“Tuhan menghendaki perkumpulan kita sekarang. Ini agar Lampung tidak hilang di tanah Lampung,” ujarnya.

Lebih lanjut Ryamizard berpesan kepada seluruh masyarakat dari setiap suku, budaya, etnis, dan agama, untuk dapat selalu bersatu membangun Indonesia.

“Kita ini prinsipnya bhineka tunggal ika, yang inti artinya itu adalah persatuan. Ini yang saya sampaikan dari Aceh sampai Papua, agar kita tidak terpecah belah,” tegasnya.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara prosesi pemberian gelar dan jejuluk adat Lampung kepada Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu beserta keluarga. Untuk Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu diberi Gelar Suttan Raja Kaca Marga, Untuk istri beliau, Nora Kristiana di beri Gelar Suttan Ayu Mahkota Marga. Sedangkan jejuluk diberikan kepada putra-putri beliau.

Dalam acara yang sarat akan budaya Lampung tersebut, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo didampingi istri serta jajaran forkopimda Lampung. (Rls/Tn/Ok)

Iklan