Iklan

Iklan

,

Iklan

KPH XIII Adakan Kegiatan Penanaman Ratusan Pohon Pala Di Gunung Raja Basa

Redaksi
Rabu, 19 Desember 2018, 21:27 WIB Last Updated 2018-12-19T14:27:15Z

Lampung Selatan (Timenews.id) -- KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang – Batu Serampok, lakukan penanaman di areal hutan lindung Register 3 Gunung Rajabasa.

Bersama dengan masyarakat sekitar, sebanyak 500 batang bibit jenis pala ditanam di areal sekitar sumber mata air Way Pekhtung yang berbatasan langsung dengan Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Lamsel.

Kepala KPH XIII Lampung, Wahyudi Kurniawan mengatakan, tujuan penanaman ini adalah demi menghijaukan kembali areal sekitar sumber mata air agar ketersediaan cadangan air di bawah tanah bisa tetap terjaga.

“Selian itu dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk masyarakat sekitar hutan maupun masyarakat di desa-desa yang berada dibawah dan juga sekitar kaki gunung Rajabasa,” kata Wahyudi, Rabu (19/12/2018).

Penanaman ini melibatkan 20 personil Resort 1 Gunung Rajabasa di KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok dan juga sekitar 10 orang masyarakat sekitar yang juga merupakan pengurus dan anggota LPHD (Lembaga Pengelola Hutan Desa) Padan.

Diketahui,  areal tersebut merupakan wilayah izin pengelolaan Hutan Desa Padan, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk ditanam dengan jenis kayu MPTS (Multi Purpose Tree Species).

Tujuannya tidak lain, agar saat tanaman sudah tumbuh besar batang kayu dan akar kayunya bisa berfungsi ekologis untuk penyerapan air dan hasil buah palanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan. (Hrmn/Be)

Iklan