Iklan

Iklan

,

Iklan

Disdukcapil Kabupaten Tanggamus gelar perekaman KTP-EL dengan sistem jemput bola

Redaksi
Jumat, 16 Maret 2018, 06:56 WIB Last Updated 2018-03-16T10:14:00Z

Tanggamus (Timenews.id) -- Antusias Masyarakat 4 pekon di kecamatan cukuh balak dalam melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL) terlihat saat petugas memulai perekaman pada pukul 18.30 - 00.00 malam.14/03/18. serta dilanjutkan keesokan harinya untuk mengefisiensi waktu.

Para petugas dari Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) yang tiba di pekon Kuta kakhang Kecamatan cukuh balak pada pukul 16.50 sore, tidak ada raut muka lelah dan letih yang mereka tunjukan demi melayani masyarakat 4 pekon tersebut, tim hanya beristirahat sebentar setelah 3 jam lebih berjuang dengan besarnya ombak dan kencangnya angin laut, namun semangat pantang menyerah demi masyarakat tanggamus agar memiliki data diri untuk berbagai keperluan adminitrasi, semangat para petugas disdukcapil ini patut diberikan apresiasi.

Kasi Pendaftaran penduduk Risnawati M.M Dan didampingi oleh Kasi Pengolahan dan penyajian data Sumaini M.M, mengatakan bahwa, Kegiatan ini merupakan perekaman KTP-EL dengan sistem jemput bola dikecamatan/pekon pekon, yang merupakan salah satu inovasi dari disdukcapil tanggamus. Untuk memudahkan masyarakat dalam kepemilikan salah satu dokumen kependudukan yaitu KTP elektronik (KTP-EL) mengingat pentingnya KTP tersebut, untuk berbagai keperluan adminitrasi kepemilikan dan yang tak kalah pentingnya, dapat digunakan dalam hak pilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, yang akan digelar tidak lama lagi dan pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

" Ini adalah kecamatan ke 4 yang kami sambangi, diantaranya Kecamatan Pematang sawa, Kotaagung Barat, Semaka dan Cukuh balak, dan nanti kami juga nanti akan ke Pekon Atar Lebar di Kecamatan Bandar Negeri Semuong," Ujar Risnawati.

Lanjutnya, Untuk kendala dalam melakukan Jemput Bola Perekaman KTP-EL ke masyarakat bukan tanpa hambatan, jika menggunakan  jalur laut harus berhadapan dengan cuaca yang tidak menentu seperti ombak besar, angin kencang, untuk menuju Pekon-pekon yang memang sulit dijangkau, karena tempat-tempat yang belum pernah melakukan perekaman, karena berkaitan dengan pilkada saat ini. Supaya memberikan hak masyarakat untuk memilih pada pilkada mendatang.

" Target kita dalam perekaman di empat pekon ini sebanyak-banyaknya, ini kami lakukan untuk membantu mereka agar bisa memberikan hak dalam memilih pada pilkada mendatang," Ucap Risna.

Sementara itu Kepala Pekon Kuta Kakhang Kecamatan Cukuh Balak Muzammi mewakili para masyarakat memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Disdukcapil kabupaten tanggamus, dalam hal jemput bola Perekaman KTP-EL, jadi masyarakat empat pekon ini tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kantor kecamatan atau datang langsung ke kantor Disdukcapil di tanggamus, karena akses yang memang jauh dan harus menggunakan kapal laut dalam hal transportasi.

" Ini Program yang sangat baik, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor kecamatan atau ke Disdukcapil di sana, mudah-mudahan program ini berjalan dengan baik, karena saya sangat mengapresiasi apa yang menjadi program  Disdukcapil seperti saat ini," Kata Muzammi.

Warga Pekon Sawang Balak Refizalina (23) saat ditanya mengenai program jemput bola dari Disdukcapil ini, dirinya mengaku sangat senang sekali dengan adanya  program ini, menurutnya daripada  jauh -jauh ke Kecamatan atau di kabupaten untuk melakukan perekaman yang jauh dari pekon mereka.

'' Saya sangat senang sekali dengan adanya program seperti ini dari Disdukcapil, semoga kedepannya mempunyai program yang sama dengan pembuatan semacam Akte Kelahiran atau yang lainnya," Ungkapnya yang diamini oleh warga lain yang hadir. (mar)

Iklan