Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Dinas Pariwisata Tanggamus Glar Sosialisasi Aksi Sapta Pesona 2018

Dinas Pariwisata Tanggamus Glar Sosialisasi Aksi Sapta Pesona 2018


Tanggamus (Timenews.id) -- Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus menggelar Acara Sosialisasi dan Aksi Sapta Pesona Tahun 2018, Acara tersebut bertempat di Aula Gedung PGRI Kotaagung, Kamis 8 Maret 2018.


Acara tersebut dibuka secara Resmi Oleh Asisten  III Bidang Administrasi Firman Rani, Mewakili Pj Bupati Tanggamus.

Turut hadir dalam acara tetsebut, Kepala Dinas Pariwisata  Ibu  Retno Noviana Damayanti,ST,MT., Bapak Alief Nugroho ,SE. M.Si,. Narasumber dari Provinsi Lampung, Camat Kotaagung Wiwin Triani, SE., serta para peserta Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Tanggamus.

Dalam laporan Kepala Dinas Pariwisata Ibu Retno Noviana Damayanti beliau sampaikan bahwa maksud dan tujuan diadakannya Sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap daerah tujuan wisata yang ada di Daerah Kabupaten Tanggamus, Meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar ODTW ( Objek Daya Tarik Wisata) tentang pengelolaan objek wisata dan cara memasarkannya, serta mengimplementasikan Sapta Pesona sebagai Indikator utama didalam pengelolaan wisata.


Peserta Sosialisasi dan aksi Sapta Pesona ini adalah Kelompok Sadar Wisata yang ada diKabupaten Tanggamus Berjumlah 50 orang. Kami sampaikan juga bahwa kelompok sadar wisata di Tanggamus mengalami peningkatan yang cukup baik, di Tahun 2016 jumlah Pokdarwis berjumlah 80 dan sampai 2018 ini yang telah kami berikan surat pengukuhan menjadi 20 Sadarwisata.

Kegiatan Sosialisasi Aksi Sapta Pesona ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 8 sampai 9 Maret 2018, dan untuk hari Jum'atnya akan diadakan kegiatan bersih- bersih pantai di Muara Indah Kotaagung..

Sementara Dalam Sambutan Asisten III Bidang Administrasi Firman Rani ,mewakili Pj Bupati Tanggamus Beliau mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini.

Konsep sadar wisata adalah sebagai konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif pengembangan kepariwisataan ,ada berbagai unsur berkembangnya pariwisata yaitu keamanan ,kebersihan ,ketertiban, kenyamanan,keindahan keramahtamahan. Sedang Implrmentasi dari  Sapta Pesona terciptanya lingkungan yang bersih ,aman tertib, dan memberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan.

Selanjutnya ,bahwa kegiatan sosialisasi dan Aksi ini sangatlah baik yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan arti dari indikator yang ada dalam ketujuh pesona tersebut sehingga pada akhirnya akan ada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata ,membantu memberantas kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.

Oleh karna itu, melalui Program sadar wisata dan sapta pesona ini diharapkan kesadaran masyarakat supaya lebih memahami pentingnya sadar wisata dan menerapkan secara serius, sungguh- sungguh agar dapat menjadikan Kabupaten Tanggamus menjadi tempat tujuan Wisata bagi warga masyarakat banyak.(mar)