Iklan

Iklan

,

Iklan

Pramuka Pandega Pesawaran Raih Peringkat II Pemuda Pelopor Nasional 2017

Redaksi
Selasa, 17 Oktober 2017, 14:08 WIB Last Updated 2017-10-30T07:13:12Z

Pesawaran (Timenews.co.id) -- Galih Dwi Prasetyo (24), Pramuka Pandega Kwaran Marga Punduh Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung meraih peringkat II Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017 yang ditetapkan melalui Keputusan Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olahraga Nomor 10.16.1 Tahun 2017, tanggal 16 Oktober 2017,  tentang Penetapan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017.



Sebagaimana diketahui, seleksi pemuda pelopor merupakan program rutin tahunan dari Kementrian Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Program ini diperuntukkan bagi pemuda berumur 16-30 tahun. Pemuda yang memiliki potensi berkesempatan untuk menunjukkan kepeloporannya pada salah satu bidang dari beberapa bidang yang diseleksi.



Dihadapan dewan juri di Hotel central Jakarta Pusat (12-15/10/2017), Galih memaparkan kegiatannya pada bidang Inovasi Teknologi, yakni mempelopori pembuatan Pakan Ternak Kelinci Fermentasi Berkualitas “WAFER KELINCI”.



Aktivis Pramuka ini menyisihkan tiga dari lima nominator yang mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat nasional bidang kepeloporan inovasi teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga itu merupakan langkah pengembangan potensi kepeloporan pemuda di negeri ini.



Proses seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2017 dilakukan secara berjenjang mulai di tingkat kabupaten/kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.



Pemuda berusia 24 tahun itu mengaku ingin menjadikan Desa Maja Kabupaten Pesawaran sebagai sentral penghasil pakan kelinci, sehingga menciptakan inovasi teknologi tersebut.



Sejak mulai menjalankan hobi memelihara kelinci 2015 silam, Galih menjelaskan, bahwa hobbinya itu mampu menjadi salah satu penopang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ia melanjutkan, ada beberapa kendala yang dihadapi untuk terus mengembangkan usaha peternakan kelinci tersebut. Kendalanya itu, di antaranya adalah soal pakan kelinci berkualitas.



Menjawab persoalan itu, maka ia menciptakan inovasi teknologi tentang pakan ternak yang berkualitas, sehingga masyarakat dapat berhasil dalam meningkatkan kesejehateraannya.

Wafer Kelinci inovasi yang digulirkan oleh Galih Dwi Prasetyo akhirnya mampu mewujudkan keberhasilan dalam pemuda kepeloporan di tingkat Nasional.



Wafer kelinci merupakan pakan fermentasi berkualitas yang dapat mengurangi tingkat kematian pada ternak yang disebabkan gangguan perncernaan, dan memenuhi akan kebutuhan protein. Selain itu, peternak atau masyarakat yang akan menggunakan pakan jenis itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar sehingga lebih ekonomis dan dapat meningkatkan perkembangan ternak mereka, ungkap galih.



Turut melakukan pendampingan penilaian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesawaran, Suranto, S.E., M.M. memberikan apresiasi atas prestasi kepeloporan pemuda Pesawaran.

“Inovasi Teknologi pembuatan Pakan Ternak Kelinci Fermentasi Berkualitas ini merupakan inovasi baru berbahan dasar daun dan buah turi menggunakan Micro Organisme Lokal (MOL),” dan sebelumnya sudah menjadi juara 1  tingkat provinsi Lampung dan masuk ke tingkat nasional, kata Suranto.



Menurut Suranto, Galih merupakan contoh figur yang jeli, mampu melihat kondisi kenyataan rendahnya nilai ekonomis hasil peternaka. Lantas mampu secara kreatif berinovasi memanfaatkan potensi demi kepentingan masyarakat banyak. Pihaknya bangga kepada para pemuda Pesawaran yang berhasil menunjukkan sikap dan kepeloporannya secara konsisten, sehingga patut mendapatkan apresiasi baik dari negara maupun masyarakat.



Rencananya, penghargaan tersebut akan diterima Galih pada tanggal 28 Oktober 2017 bertepatan dengan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tingkat nasional  di Jakarta dan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda RI, selanjutnya pada tanggal 30 Oktober 2017 Bapak Bupati Pesawaran, Hi. Dendi Ramadhona, S.T. juga akan memberikan penghargaan kepada Galih, sebutnya.



Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran, Aria Guna, S.Sos.I., M.M. menjelaskan bahwa “Berkarya dan Berprestasi untuk Pesawaran” merupakan acuan yang mendasari gerak langkah anggota Pramuka di Bumi Andan Jejama, dan salah satunya, lanjut Arya, telah ditunjukkan dan dibuktikan oleh Galih Dwi Prasetyo, seorang Pramuka Golongan Pandega Kwaran Marga Punduh. (Rls/Humas)

Iklan