Iklan

Iklan

,

Iklan

Mulai 10 September, Jemaah Haji Lampung Kembali ke Tanah Air

Redaksi
Senin, 11 September 2017, 08:56 WIB Last Updated 2017-10-10T01:57:08Z

Bandar Lampung(Timenews.co.id) -- Sebanyak 388 Jemaah Haji Lampung yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 06, embarkasi Jakarta dijadwalkan tiba di Bandara Raden Inten II, Minggu (10/9/2017), pukul 13.20 WIB. Rombongan Kloter 06 yang merupakan Jamaah asal Lampung Tengah ini merupakan yang tiba di Lampung setelah menjalankan ibadah haji.

“Pemerintah Provinsi Lampung akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi jemaah, mulai sarana dan prasarana, keamanan saat jemaah tiba, dan ketersedian makanan bagi para jamaah,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Heri Suliyanto, pada rapat persiapan pemulangan jemaah haji di Aula Pepadun Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Rabu (6/9/2017).


Menurut Heri Suliyanto, rapat ini dalam rangka mengevaluasi keberangkatan haji dan pelaksanaan kepulangan haji. “Pelaksanaan jamaah haji berjalan baik. Mulai pemberangkatan, saya bersama rombongan meninjau langsung ke Bandara Soekarno-Hatta sampai jemaah memasuki pesawat Garuda Indonesia. Semuanya  dipastikan berjalan baik dan lancar,” kata Heri.


Pada kesempatan tersebut Heri menyampaikan pada penyelenggaraan ibadah haji 2018, diharapkan embarkasi Lampung berstatus embarkasi penuh. Sehingga Jemaah haji asal Lampung dapat diberangkatkan langsung ke Tanah Suci langsung dari Bandara Raden Inten II.


“Pemerintah Provinsi Lampung segera melengkapi fasilitas dalam mendukung embarkasi haji Penuh sehingga fasilitas pendukung seperti asrama haji mampu menampung sekitar 400 jemaah atau dua Kloter. Juga membantu persiapan Bandara Raden Inten II berstatus internasional dengan pengadaan lampu dan X-Ray ke Bandara Raden Inten II,” kata Heri.


Terkait embarkasi penuh ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Suhaili, mengatakan dapat segera terlaksana. “Dalam waktu dekat akan mengurus kelengkapan ke Kementerian Agama pusat, semoga embarkasi haji penuh dapat terlaksana di 2018,” kata Suhaili.


Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Luqmanul Hakim menjelaskan di 2017, Pemerintah Provinsi Lampung mendapa kuota tambahan 800 jemaah, dari yang seharusnya hanya 300. Sehingga total jamaah mencapai 7.020. “Pada 2017 kuota jamaah kembali pada kuota asli yakni 6.282, sedangkan Indonesia memperoleh tambahan 10 ribu jamaah," kata Luqmanul Hakim.


Sedangkan Kepala Bandara Raden Inten II Satimin menjelaskan pihaknya siap menerima kedatangan jamaah haji Provinsi Lampung. “Baik pagi, siang maupun malam. Kami siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk kedatangan para jamaah haji,” kata Satimin. (Humas/Prov)

Iklan