Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Pesawaran: Petani Butuh Perhatian Pemerintah

Redaksi
Jumat, 10 Februari 2023, 15:08 WIB Last Updated 2023-04-23T08:11:17Z


 PESAWARAN -- Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menghadiri kegiatan Mimbar Sarasehan para penyuluh dan kelompok tani Pesawaran dengan anggota DPD RI Sudin.


Bupati Dendi mengatakan, para petani saat ini butuh perhatian penuh dari pemerintah. Oleh karena itu, dirinya berharap khususnya para petani yang ada di Kabupaten Pesawaran bisa mendapat perhatian penuh dari pemerintah melalui Kementrian Pertanian dan DPR RI.


“Hal itu bukan tanpa alasan sesuai data yang dihimpun, petani Pesawaran menjadi salah satu penyuplai bahan pangan terbanyak di pasar-pasar yang ada di Bandar Lampung dan luar daerah,” kata Dendi, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Pesawaran, Jumat (10/2/2023).


“Salah satunya petani pisang Pesawaran. Walaupun bukan sebagai sentra penghasil pisang di Lampung, namun petani pisang Pesawaran merupakan penyuplai terbesar di Provinsi Lampung dan di Pulau Jawa,” timpalnya.


Oleh sebab itu, lanjutnya, dirinya juga meminta kepada Sudin selaku anggota Komisi IV DPR RI dan Dirjen Pertanian dari Kementrian Pertanian yang hadir dalam acara tersebut, bisa memberikan perhatian lebih untuk para petani di Kabupaten Pesawaran.


“Saya juga meminta, agar dapat memperhatikan para penyuluh pertanian di kabupaten setempat, terutama untuk fasilitas dan faktor pendukungnya. Karena selama ini para penyuluh, selalu turun langsung untuk membantu petani di Pesawaran, dalam meningkatkan hasil produksi panen di Kabupaten Pesawaran,” ujar dia.


“Tentunya dengan perhatian dan bantuan dari Bapak Sudin dan Bapak Dirjen Kementrian Pertanian, pastinya bisa sangat membantu para petani maupun penyuluh untuk bisa lebih lagi meningkatkan hasil panen. Dan pastinya juga, akan berdampak bagi kesejahteraan para petani,” tambahnya.


Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Sudin mengapresiasi para petani dan penyuluh di Kabupaten Pesawaran, atas apa yang sudah dilakukan dan hasil yang diperoleh selama ini tentunya sesuai dengan tujuan dari program-program pertanian dari pemerintah pusat.


“Terkait permintaan dari Bupati Pesawaran dan para petani serta penyuluh, saya berjanji akan memenuhinya. Karena itu merupakan tujuan utama dari program-program yang dilakukan oleh pihaknya dan pemerintah pusat,” kata dia.


“Saya sudah berkordinasi dengan Pak Bupati dan Ketua DPRD Pesawaran, untuk memenuhi itu semua. Namun tentunya akan kita sesuaikan segala kebutuhan yang diperlukan, dengan anggaran yang ada,” tambahnya.


Dan kepada para penyuluh, lanjutnya, dirinya berharap bisa bersabar untuk segala permintaan yang masuk, memang sudah menjadi salah satu agenda kami.


“Bukan hanya di Kabupaten Pesawaran saja, tapi juga penyuluh seluruh Indonesia. Karena petani tanpa penyuluh, ibarat sayur tanpa garam,” pungkasnya. (*)

Iklan