timenews.co.id


PANARAGAN-Timenews.id- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, meresmikan Pasar Pulungkencana, Sabtu (12/2/2022).


Pada kesempatan tersebut, Menko beserta rombongan langsung meninjau pasar, sekaligus berbincang-bincang dengan para pedagang, bahkan menyempatkan diri untuk berbelanja.


Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menanda tangani prasasti peresmian Pasar Pulung Kencana. Selain itu, menyerahkan bantuan UMKM kepada para pelaku usaha menengah dan kecil yang dimotori Bank BRI dan Bank Lampung.


Menjelang akhir kunjungannya, Menko Perekonomian menyerahkan satu ekor sapi, sebagai tanda syukur telah diresmikannya Pasar Pulung Kencana.


Sementara Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad mengungkapkan, revitalisasi Pasar Pulung Kencana ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat secara merata.


Menurutnya, revitalisasi pasar juga dapat mengubah citra atau image pasar tradisional dari kumuh dan bau, menjadi nyaman dan mampu bersaing dengan pasar-pasar modern lainnya.


”Pada hari ini kita patut bersyukur bahwa Pasar Pulung Kencana ini dapat langsung diresmikan oleh Pak Menteri. Beliau dapat menyempatkan hadir di sini sekaligus menanda tangani prasasti peresmian pasar, menyerahkan bantuan UMKM dan terakhir menyerahkan satu ekor sapi khusus untuk para pedagang sebagai tanda syukur bahwa pasar ini telah diresmikan,” papar Bupati pada akhir peresmian.


Diketahui, Pasar Pulung Kencana memiliki total 417 kios, mulai dari kios sembako, kios pakaian dan kelontongan. Pasar ini juga menyiapkan lokasi pasar ternak, serta pasar kuliner dan dilengkapi dengan kantor pengelola, ruang kesehatan, toilet umum, musala, dan fasilitas publik lainnya.


Bupati mengatakan, kehadiran Menko Perekonomian RI dan Gubernur Lampung ke Pasar Pulung Kencana tersebut adalah awal anugerah untuk semua masyarakat Tulangbawang Barat khusus.


“Mudah-mudahan kehadiran mereka di Kabupaten Tubaba ini menjadi berkah, khususnya Pasar Pulung Kencana, dan umumnya untuk Bumi Ragem Sai Manggi Wawai yang kita cintai,” tutur Umar Ahmad. (Red/Joni).