Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Asahan Segera persiapkan Kapal Feri untuk penjemputan TKI asal Asahan.

Redaksi
Minggu, 03 Mei 2020, 18:56 WIB Last Updated 2020-05-06T11:56:57Z
Asahan Sumut,(timenews.id)-  Jubir Gugus Tugas covid 19 Kab.Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar berikan penjelasan kepada awak media.Sabtu (02/05/2020)

Menyikapi atas permintaan para TKI,situasi kondisi dan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Asahan dari negara Malaysia akibat dampak pemberlakuan Lock Down,permintaan penjemputan, Bupati Asahan segera lakukan penjemputan para TKI Asahan,dengan waktu belum ditetapkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan saat ini sudah melakukan beberapa proses tahapan dan siap membantu pemulangan TKI warga Asahan dari negara Jiran  Malaysia.

Proses dalam  pemulangan para TKI Asahan, akan kita urus dan lakukan secepatnya mungkin. Mengingat kondisi para TKI saat ini cukup memprihatinkan" Ucap Jubir Gugus Tugas covid 19, Kab. Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar.

Rahmat juga menyampaikan,Bahwa  dari Pemkab Asahan juga Gugus Tugas Covid 19 telah menerima laporan  langsung  tentang situasi badan kondisi para TKI asal Asahan dari petugas yang telah Kita tunjuk melalui Disnaker Kabupaten Asahan.

Proses pemulangan para TKI dalam tahap pengurusan administrasi. Pemkab Asahan melalui Gugus Tugas Covid 19 telah berupaya semaksimal mungkin melakukan proses pemulangan warga Asahan dari Negeri Jiran Malaysia"ujar Rahmat.

Rahmat juga mengatakan, untuk proses pemulangan para TKI Asahan,ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Selanjutnya, Ketua Gugus Tugas Covid 19 Bupati Asahan H. Surya, segera menyampaikan laporan kepada Gubernur Sumatera Utara tentang perihal proses pemulangan dan kondisi para TKI saat ini di Malaysia.

Dan apabila proses administrasi telah selesai dikerjakan. Maka data akan segera Kita serahkan langsung ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk diteruskan dan diproses melalui lintas Kementerian.

Sebab,dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa Kementerian seperti Kementerian Perhubungan dan pihak Bea Cukai, ucapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Jubir Gugus Tugas Covid 19 itu selaku Kadis Kominfo Kabupaten Asahan bahwa guna proses pemulangan para TKI Asahan. Pemkab Asahan akan mempersiapkan kapal feri untuk membawa dan memulangkan para TKI asal Asahan tersebut dari Malaysia.

Dalam arti,penjemputan akan dilakukan jika semua berkas telah sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga (TKI) yang ada" sebut Dayat.

Terakhir dalam penyampaianya,Rahmat berpesan agar kita bersama-sama mendoakan supaya proses pemulangan para TKI berjalan lancar dan wabah covid-19 segera berakhir. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala," tutup Rahmat. (Risma)

Iklan