Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Lampura, Buka Sosialisasi dan Louncing KIA.

Redaksi
Kamis, 27 Desember 2018, 01:31 WIB Last Updated 2018-12-26T18:31:34Z

Lampung utara (Timenews.id) -- Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, melaksanakan Launching dan Sosialisasi Kartu ldentitas Anak (KIA) di GSG Islamic Center Kotabumi, Rabu (26/12).

Kegiatan yang dilaksanakan itu di buka langsung oleh Bupati Lampura, H.Agung ilmu mangkunegara.S.STP.MHdan juga dihadiri oleh, Kadisdukcapil Provinsi Lampung, Achmad Syaifullah dan Kasi Dirjend Capil Kemendagri Mahatir dan Kasi Pindah Datang Wilayah RI Rustinah serta, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kades dan masyarakat.

Yang mana Pelaksanaan Launching dan Sosialisasi tersebut merupakan respon Positif Pemprov Lampung, dalam mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo dalam penerbitan KIA layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi usia dewasa. Dimana, kegiatan itu dibiayai melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Ini adalah Kabupaten yang Ketujuh, yang melaksanakan launching di Provinsi Lampung. Kami sangat mengapresiasi, berkat kerja keras dan semangat yang tidak pernah padam dari Pemda serta Jajarannya. Yang mana saat ini mendekati akhir tahun, namun tetap dapat melaksanakannya," Terang Ahmad Kadisdukcapil Prov Lampung.

Menurut Achmad, kegunaan kartu identitas anak ini, serupa dengan KTP-el bagi orang dewasa. Mulai dari keperluan Sekolah, keimigrasian dan lainnya, hanya tidak dapat mengakomodir pembuatan SIM karena belum genap berusia 17 tahun.

"Seperti soal identifikasi korban kejadian musibah Tsunami di Selat Sunda lalu dari dua orang korban yang belum teridentifikasi, satu orang diantaranya tidak dapat dimonitor lndentitasnya oleh Disdukcapil kabupaten karena belum terekam. Sementara lainnya masih Samar-samar, namun telah terlihat karena telah melakukan perekaman. Itu salah satu guna dari kepemilikan kartu identitas ini," Jelasnya.

Selain itu menurut, Bupati Lampura H.Agung Ilmu Mangkunegara.S.STP.MH Megatakan Realisasi Program Adminduk di Kab.Lampura, sebagai Komitmen dalam mengakomodir hak masyarakat yang diatur dalam peraturan. Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, sesuai Program yang dilaksanakan Pemerintah mulai dari Pusat sampai Daerah.

“Anak yang memiliki KIA sangat besar manfaatnya. Mereka bisa menunjukan ldentitas, misalnya ketika dia bepergian, sama dengan orang tuanya yang memiliki KTP, anak juga dapat menunjukan ldentitasnya dengan KIA. Atau kalau tersesat di Mall atau tempat Umum lainnya, dengan identitas yang ada pada anak, bisa dibantu untuk dipertemukan dengan kedua orang tuanya dan sebagainya," Kata Bupati.

Dilanjutkan oleh Bupati, Dari lnformasi yang ada, mulai dari BPS, Disdukcapil dan KPU selalu berbeda untuk Data anak di Kabupaten kita ini. Nah dengan adanya Launching ini kita berharap ada kesesuaian, jangan sampai berbeda-beda karena ini penting gunanya. Dalam mengakomodir hak-hak rakyat yang diatur dalam Peraturan perundang-undangan yang ada

"Memang masih banyak anak yang perlu mendapatkan KIA. Apa yang dilakukan oleh Pemkab Lampura, lewat Dinas Capil Ini adalah langkah terobosan untuk mendukung Program Pemerintah Pusat dalam penerbitan KIA," Terang Agung../ riki

Iklan