timenews.co.id

Lampung Selatan (Timenews.id) -- Peran aktif pemerintah daerah, khususnya inspektorat sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas-tugas Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Hal tersebut disampaikan Pembina BPKP Wilayah Lampung Kisyadi saat beraudensi  dengan Pelaksan tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto, Rabu (17/10/2018).

"Pemeriksaan keuangan pemerintah daerah itu, erat kaitanya dengan tugas-tugas BPKP. Karena itu, kami berharap dukungan dari Pemkab Lampung Selatan, khususnya dalam peningkatanj kualitas kinerja para auditor inspektorat, untuk kelancaran pelaksanaan tugas," kata Kisyadi.

Menanggapai hal tersebut, Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto,  sangat mendukung peningkatan kinerja auditor inspektorat.

"Inspektorat akan meningkat masuk ke ranah dinas tanpa dibatasi baik itu sifatnya  pemeriksaan atau pembimbing terutama sisi asesment. Bukan berarti untuk cari-cari masalah melainkan untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang lebih baik dan lebih maju," Ujar Nanang.

Inspektur Kabupaten Lamsel Joko Sapta mengatakan, pihaknya  akan membuka tambahan tenaga auditor pada dinas-dinas. Saat ini Lamsel masih kekurangan tenaga auditor.

"Auditor saat ini tinggal satu. Sementara yang pensiun sudah 12 orang. Kalau ini persetujuannya keluar,maka inspektorat hanya punya 17 auditor dan usulan formasi ini sudah lama,"Pungkasnya.(Hrmn)