Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Pj. Bupati Zainal Abidin Hadiri Launching GISA di Provinsi Lampung

Pj. Bupati Zainal Abidin Hadiri Launching GISA di Provinsi Lampung

Bandar Lampung (Timenews.id) -- Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan FB. Karjiono, Kadis Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Syarief Husein dan Kadis Kominfo Sabaruddin, menghadiri Launching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan Provinsi Lampung di Hall B PKOR Way Halim Bandar Lampung. Jumat (04/05/2018)

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, Pj. Gubernur Lampung Didik Suprayitno, Forkopimda Provinsi Lampung, para Bupati/Walikota se Provinsi Lampung, para Rektor PTN dan Swasta di Provinsi Lampung, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemprov Lampung, serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, menyampaikan bahwa Provinsi Lampung patut menjadi contoh untuk tertib administrasi kependudukan se Indonesia.

Dalam pesta demokrasi lanjut Zudan, pemilihan pemimpin kedepan baik Gubernur, Bupati dan Walikota harus disikapi dengan rasa gembira, dan penuh rasa bahagia, dan siapapun yang terpilih nanti adalah pilihan kita semua. "Dan untuk sampai kesana data pemilih merupakan kunci yang sangat penting perannya," kata Zudan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU. Selain itu Zudan juga menyatakan kesiapannya memback-up pelaksanaan Pilkada. "Saya berterima kasih kepada KPU yang telah mengakses data ke dukcapil, dan untuk kesuksesan pilkada tanggal 27 juni nanti seluruh Dinas dukcapil akan buka untuk sukseskan Pilkada. Dukcapil full back-up terhadap seluruh proses Pilkada," ungkap Zuldan.

"Pilkada adalah pesta demokrasi yang di batasi oleh wilayah administrasi, oleh karena itu semua penduduk yang akan mencoblos di Lampung harus penduduk  yang datanya ada dalam database Provinsi lampung," terangnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Lampung Didik Suprayitno dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebuah Negara bisa berdiri, ada empat hal yang harus di penuhi, yaitu wilayah, penduduk, pemerintah yang berdaulat dan pengakuan dari Negara lain. "Artinya sisi kependudukan itu sangatlah penting seperti halnya NIK, dan untuk mengurus apa saja perlu KTP elektronik, namun penduduk kita ini tidak semuanya sadar bahwa KTP elektronik itu penting," ungkap Didik.

Didik melanjutkan bahwa dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib pemerintahan yang efektif serta negara yang mempunyai daya saing berdasarkan No. 22 Tahun 2006 yang diubah menjadi UU No. 24 Tahun 2013, maka Pemerintah melakukan upaya upaya yang menjadi tugas dan fungsi kewenangannya, untuk melakukan desain Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan yang launching pertamanya dilaksanakan di Batam.

Didik juga menyampaikan harapannya kepada seluruh OPD terkait agar dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana untuk mensukseskan dan melaksanakan GISA di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Lampung.

Selanjutnya Pj. Gubernur Lampung didampingi Dirjen Dukcapil, serta para Bupati/Walikota dan Kadisdukcapil Provinsi Lampung mencanangkan GISA di Provinsi Lampung yang ditandai dengan penekanan tombol sirine secara bersama-sama.

Acara juga dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan hasil pelayanan berintegrasi kepada masyarakat oleh Pj. Gubernur Lampung, berupa Kartu Keluarga, Akte kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak, serta meninjau proses pelayanan perekaman E KTP yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Gedung Hall A PKOR Way Halim. (Kominfo/mar)