Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Pedagang Kayu Manis Laris Manis

Pedagang Kayu Manis Laris Manis


Lampung Barat (Timenews.co.id) -- Tanaman kayu manis yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Lampung Barat adalah salah satu komoditi primadona masyarakat Lampung Barat. Dulu pohon kayu mania di panen saat musim paceklik. Tapi karena kenaikan harga dari Rp10.000 menjadi Rp 25 ribu, per kilonya, membuat warga kini memanen massal pohon itu.
“Ada kenaikan harga kayu manis sampai dengan 25 ribu perkilonya,  ini yang membuat kami sedikit bahagia,” kata Agus (33), warga Desa Seputar Alam,  Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat kepada Tim Media Jaringan Arinal Berkarya (JAYA),  Sabtu (20/01/18).
Agus , salah satu petani di wilayah Way Tenong, mengatakan kegunaan kayu manis bisa untuk bahan kosmetik,  kesehatan dan berbagai kegunaan lainnya. Selain itu,  kulit batang kayu manis juga sangat berkhasiat untuk meningkatkan libido baik untuk pria dan wanita. “Kalau mau dicoba bisa mas,  nanti takutnya dibilangan bohongan, ini bisa membuat pasangan menjadi bahagia,” ucap Agus tertawa.
Soal pemasaran, tambah Agus,  prospek penjualan kayu manis saat ini sangat menjanjikan. Sebelum dilakukan panen, banyak para pencari kayu manis sudah memesan. Artinya,  kata dia,  petani kayu manis di wilayah Desa Seputar Alam tidak mengalami kesulitan untuk pembeli. “Sampai luar wilayah Lampung banyak yang memesan kepada kami. Makanya warga yang hidup dari kayu manis ini tidak pernah mengeluh soal harga, ” katanya (rls)