Iklan

Iklan

,

Iklan

Warga Mengeluh Sulit nya Dapat Pupuk Kepada Tim Jaya

Redaksi
Jumat, 10 November 2017, 20:26 WIB Last Updated 2017-11-10T13:26:23Z

Pesawaran (Timenews.co.id) -- Distribusi pupuk di Desa Sidototo, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran dikeluhkan petani setempat. Kendala mendapatkan pupuk ini terutama dirasakan para petani kecil yang memiki areak persawahan tidak terlalu besar.

Salah satu petani,Sumiyanto (45) mengatakan banyak para petani kecil tidak mendapatkan pupuk hanya karena tidak tergabung dalam kelompok tani (Poktan).

"Kasian petani yang kecil tidak mendapatkan pupuk, kalau begini situasinya dikhawatirkan ke depan para petani kecil tidak bisa menggarap sawah mereka," kata Sumiyanto kepada Tim Media Jaringan Arinal Berkarya (JAYA) Jumat (10/11).

Selain persoalan kesulitan mendapatkan pupuk, sistim terbaru yakni adanya sistim online. Para anggota Poktan diharuskan menggunakan sistem untuk mendapatkan pupuk  yang menggunakan teknologi. Persoalan pupuk ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

"Sekarang para petani kecil semakin susah dengan kondisi mereka. Ditambah lagi sistem untuk mendapatkan pupuk harus serba online, " katanya.

Sumiyanto secara pribadi dan juga mewakili petani kecil lainnya berharap adanya kemudahan untuk mendapatkan pupuk. Bukan karena tergabung dalam Poktan saja tetapi petani kecil juga harus diperhatikan.

Sumiyanto menekankan,  keberadaan pupuk sangat dibutuhkan oleh petani kecil. Pola perekrutan sebagai Poktan seharusnya dirubah. "Jangan ada pembedaan soal besar kecilnya areak sawah yang dimiliki petani,tetapi perhatikan juga masa depan petani kecil lainnya.

Dirinya berharap bakal calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bisa memperhatikan nasib petani, khususnya petani kecil."Baru pak Arinal yang selama ini turun dan beliau sudah terkenal. Mungkin beliau bisa lebih fokus memperhatikan keluhan petani, " tutup Sumiyanto. (r)

Iklan