Iklan

Iklan

,

Iklan

Dinkes Pesawaran Dirikan Posko Kesehatan Di Desa Bunut Way Ratai

Redaksi
Senin, 04 Maret 2024, 08:21 WIB Last Updated 2024-04-02T01:22:41Z

 


Guna menjamin kesehatan para korban banjir, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, mendirikan dua posko kesehatan di lokasi banjir Desa Bunut Kecamatan Way Ratai, kabupaten setempat.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran Dr. Media Apriliana mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas kesehatan yang siaga di lokasi dan juga peralatan lainnya.


“Selain petugas, kita juga menyiapkan obat-obatan di posko kesehatan yang kita bangun, sehingga ketika ada masyarakat yang datang petugas sudah siap semua,” kata dia. Senin (4/3/2024).


Menurutnya, biasanya kasus-kasus gangguan kesehatan muncul beberapa hari setelah kejadian banjir.


“Biasanya, masyarakat korban banjir mereka baru merasakan penurunan kesehatan, beberapa hari setelah kejadian musibah, mungkin karena faktor kelelahan dan stres juga ya, makanya daya tahan tubuh terus menurun,” ujarnya.


Dirinya menjelaskan, gangguan kesehatan yang sering terjadi di lokasi bencana banjir, mulai dari demam, diare dan gangguan pernapasan, kemudian gatal-gatal di bagian kulit.


“Kita juga mengantisipasi, keluhan para lansia yang mungkin dia mengidap penyakit yang mengharuskan mengkonsumsi obat secara rutin, namun obat-obatannya terbawa banjir seperti penyakit jantung, darah tinggi dan lainnya, makanya semua obatnya kita siapkan di posko,” jelasnya.


Dirinya mengungkapkan, bahwa posko tersebut direncanakan akan berdiri selama dua hari, dan nantinya pelayanan kesehatan akan kembali lagi ke Puskesmas yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi banjir.


“Setelah dua hari, pelayanan akan kembali lagi ke Puskesmas, karena kebetulan Puskesmas tidak terlalu jauh dari lokasi banjir kemarin, nantinya kita juga akan melakukan pengecekan kesehatan secara mobile kepada masyarakat korban banjir,” pungkasnya. (*/)

Iklan