Iklan

Iklan

,

Iklan

103 Desa Di Pesawaran Kategori Berkembang

Redaksi
Senin, 06 Maret 2023, 14:10 WIB Last Updated 2023-04-23T07:13:15Z

 


PESAWARAN -- Data terbaru dari Indeks Desa Membangun (IDM) bahwa pada tahun 2022, dari 144 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran, 103 masuk kategori desa status berkembang, 31 desa status maju dan 10 desa status mandiri.


Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Pesawaran, Muhammad Alhusnuriski, mengatakan, hal tersebut merupakan hasil nyata kerja keras, komitmen dan dedikasi tinggi kita semua, Desa sangat tertinggal dan Desa tertinggal kini sudah tidak ada lagi.


“Tentu pencapaian luar biasa IDM Kabupaten Pesawaran ini tentu saja patut kita syukuri dan jadikan semangat membangun desa,” kata dia, saat memimpin upacara mingguan di halaman Pemkab Pesawaran, Senin (6/3/2023).


Dirinya menjelaskan, IDM adalah Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi /Lingkungan.


“Target IDM adalah mengentaskan Desa Sangat tertinggal serta meningkatkan jumlah Desa Berkembang, Maju dan Mandiri,” ujar dia.


Menindaklanjuti target capaian IDM dimaksud, lanjutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran sejak kurun waktu 2018 sampai dengan 2022 berkomitmen melakukan upaya maksimal untuk mencapai IDM.


“Disini saya juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kerjasama, sinergi dan koordinasi agar IDM Kabupaten Pesawaran terwujud secara optimal,” pungkasnya. (*)

Iklan