Iklan

Iklan

,

Iklan

Gubernur Arinal Cek Langsung Alat Diagnonis Covid-19 PCR dari Kementerian BUMN

Redaksi
Sabtu, 02 Mei 2020, 14:56 WIB Last Updated 2020-05-29T07:56:49Z
BANDAR LAMPUNG (Timenews.id) -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengunjungi UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung. Didampingi Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr. Hj. Reihana, M.Kes , Senin (4/5/2020). Kunjungan Gubernur Lampung ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang merupakan alat untuk mendeteksi virus corona penyebab COVID-19 bantuan dari Kementerian BUMN yang baru tiba Sabtu (02/05/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal memastikan hadirnya alat tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk mendiagnonis virus Covid-19 dengan baik. Alat PCR ini didistribusikan oleh Kementerian BUMN kepada beberapa Rumah Sakit di Indonesia. Sementara itu, Kepala UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Leni Yurina mengatakan alat PCR ini akan mulai dioperasikan pekan depan. “Alat PCR ini sudah datang dari kemarin malam dan alat penunjangnya itu sudah datang dari hari sabtu lalu. Ini tinggal menginstal alat PCR, Dengan kehadiran alat ini diharapkan Provinsi Lampung dapat lebih cepat dalam memeriksa sampel Swab. Sebagaimana diketahui, sebelumnya Provinsi Lampung mengirim sampel Swab ke laboratorium yang berada di Palembang dan Jakarta yang cukup memakan waktu”

UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung juga telah mempersiapkan sarana dan prasarana bagi pelaksanaan kegiatan ini. dengan PCR ini, dalam waktu 4 hingga 5 jam, hasilnya akan bisa langsung dilihat. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pengumpulan usap (swab) kemudian melalui uji di Ruang Ekstraksi, kemudian Ruang Preparasi yang selanjutnya ke alat PCR. “Kita akan langsung memeriksa sample dan bersama tim analis kita untuk melakukan praktek. Insya Allah kita bisa memulai di minggu depan,” ujar Leni Yurina.

Seperti diketahui, PCR ini juga untuk memastikan orang yang positif atau negatif Covid-19 dari hasil rapid test yang dilakukan. (Adpim)

Iklan