Iklan

Iklan

,

Iklan

Dukung Produksi Pakan Ternak, Gubernur Arinal Apresiasi Keberhasilan Unila Ciptakan Mesin Perajang Singkong

Redaksi
Selasa, 07 Januari 2020, 18:00 WIB Last Updated 2020-01-07T11:00:59Z


Bandar lampung (timenews.id) -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi keberhasilan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) menciptakan mesin perajang batang singkong (rabakong) yang mengubah limbah singkong menjadi pakan ternak.
Gubernur berharap alat ini dapat mendukung tercapainya target Lampung sebagai lumbung ternak nasional.
Hal tersebut terungkap dalam Rapat Kerja Gubernur Arinal bersama OPD Lingkup Pertanian di Ruang Kerjanya, Selasa (7/01/2020).

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung akan terus bersinergi dengan perguruan tinggi termasuk Unila untuk mendukung percepatan keberhasilan mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

“Saya berharap Unila terus bersinergi dengan Pemprov Lampung, terus berkarya dan berinovasi menciptakan teknologi pertanian baru yang modern yang dapat meningkatkan produksi, nilai tambah dan kesejahteraan petani juga masyarakat,” ujar Gubernur.

Gubernur juga mengimbau agar nantinya alat ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama untuk tampilan produknya. “Saya bangga akan temuan ini, selain nantinya dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak Lampung, nantinya kita juga bisa memasok ke
daerah-daerah yang membutuhkan pakan ternak,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr.Ir Iwan Sukri menjelaskan limbah batang singkong di Provinsi Lampung sebanyak 1,3684 juta ton/tahun. Alat ini menjadi solusi yang dibuat dengan pemanfaatan limbah batang singkong tersebut.

“Rabakong ini sendiri telah di uji coba, teknologi tepat guna, praktis dan murah. Jiga sudah memperoleh paten dari Kemenkumham RI Multi Produk,” terangnya. (ADPIM)

Iklan