Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Kepaksian Pernong Kenalkan Sejarah Sebelum Merdeka ke Siswa SAC Bogor

Kepaksian Pernong Kenalkan Sejarah Sebelum Merdeka ke Siswa SAC Bogor

Lampung Barat (Timenews.id) -- sejarah sebelum merdeka kerajaan Bumi Skala Brak di Lampung Barat, Belasan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekolah Alam Cikeas (SAC) Bogor mengunjungi Gedung Dalom (Istana) di Pekon Balak, Kecamatan Batu Brak.

Khasanah budaya di Bumi Nusantara sebelum kemerdekaan Indonesia terdiri dari kerajaan-kerajaan salah satunya adalah kerajaan Sekala Brak masih dijunjung tinggi serta dilestarikan oleh mayarakat setempat seperti mengenalkannya hingga kekancah Internasional.

Kunjungan SMP SAC Bogor disambut baik oleh Kepala Kesekretariatan Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Edward Abdullah, mengungkapkan, rasa terimakasih dan apresiasi mendalam atas kedatangan para siswa dan pendamping ke Gedung Dalom untuk mengetahui lebih jauh tentang adat budaya masyarakat kerajaan Sekala Brak khususnya di Kepaksian Pernong.

"Tentu kita berharap kedatangan adek-adek ke Gedung dalom, menjadi salah satu bagian dari upaya mengenalkan adat budaya yang ada di Sekala Brak, sehingga adek-adek juga bisa menjadi duta bagi kami untuk mengenalkan khasanah budaya Sekala Brak ke luar daerah," ucap Edward.

Harapannya dengan penjelasan seputar gedung dalom kepaksian pernong kepada siswa yang berasal dari propinsi jawa Barat tersebut, akan menambah wawasan tentang seputar adat budaya dan yang ada dan dijunjung tinggi masyarakat Kerajaan Adat Sekala Brak.

Dilain pihak, salah satu Siswa SAC Bogor, Ardi, mengungkapkan, sangat senang dan antusias dengan kunjungannya ke Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak. "Senang sekali, dan saya sangat semangat untuk mengetahui lebih banyak tentang kerajaan ini," ucap dia. (Sf)