Iklan

Iklan

,

Iklan

Plt Bupati Nanang Ermanto Resmikan Pamsimas di Desa Hatta Kec. Bakauheni Lamsel.

Redaksi
Sabtu, 02 Maret 2019, 19:55 WIB Last Updated 2019-03-02T12:55:23Z

Lampung Selatan (Timenews.id) -- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meresmikan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Jumat (1/3/2019).

Peresmian program tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Plt Bupati Lampung Selatan didampingi Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Kepala Dinas Perumahan dan Permukian Lampung Selatan serta Kepala Desa Hatta.

Dikesempatan itu, Nanang meminta masyarakat dapat merawat dan menjaga program tersebut. Menurutnya, pemerintah membangun fasilitas itu, untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Untuk itu, Nanang berharap Kepala Desa bisa memetakan daerah-daerah yang tidak memiliki sarana air bersih, sehingga melalui program itu diupayakan semua masyarakat bisa menikmati air bersih.

“Nanti Kepala Desa harus punya peta wilayah yang belum memiliki air bersih. Sehingga program ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Harus punya target juga, ini (Pamsimas) kan buat PAD desa juga,” kata Nanang disela peresmian Pamsimas tersebut.

Sementara, Koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Way Hatta, Rohman menuturkan, program yang dibangun melalui APBDes tahun 2018 itu, menghabiskan anggaran sebesar Rp236.553.000.

Dengan rinciannya, pembuatan sumur bor Rp67.234.000, menara air Rp108.465.000, dan instalasi perpipaan Rp60.854.000. Program itu katanya, dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 47 Kepala Keluarga yang ada di Desa Hatta.

“Alhamdulillah, tadinya masyarakat kurang air bersih, sekarang sudah bisa terpenuhi. Walaupun tidak semua masyarakat bisa menikmatinya, karena peralatan kita juga yang tidak begitu besar. Tetapi ya kita bersyukur lah, daripada kemarin tidak ada sama sekali,” kata Rohman kepada tim ini. (Hrmn/Az)

Iklan