Iklan

Iklan

,

Iklan

BKKBN Provinsi Lampung Menggelar Pertemuan Forum Peningkatan Peran Toga Dan Toma

Redaksi
Kamis, 12 Juli 2018, 12:08 WIB Last Updated 2018-10-27T05:09:39Z

Bandar Lampung (Timenews.id) -- BKKBN Perwakilan Provinsi Lampung menggelar pertemuan forum peningkatan peran tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Toma) dalam upaya promosi kesehatan (Promkes) dan program Keluarga Berencana (KB) terutama di daerah terpencil.
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti mengatakan, peran Toga dan Toma amat sangat strategis dalam promosi kesehatan (Promkes) program Keluraga Berencana (KB) terutama di daerah terpencil.
“Peran mitra kerjasama toga dan toma dalam upaya peningkatan promosi dan konseling kesehatan di daerah sekaligus reproduksi program KB merupakan peran stategis untuk mencakup daerah-daerah terpencil di Provinsi Lampung”. Jelasnya. Di hotell Emersia Bandar Lampung. Jumat (23/3/2018).
Uliantina menerangkan, program ini tidak terlepas dari peran serta aparat pemerintah daerah, para kepala desa, tokoh agama dan tim medis yang merupakan leader dalam menstrasfer permaslahana yang ada. Jika perangkat daerah, Toga dan Toma memahami program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) berperan baik, tentu saya rasa tidak begitu sulit bagi BKKBN untuk mengggarap pemerataan peruntukan di daerah.
Setiap program harus ada dukungan peran kepala daerah. Agar ada legalitas dalam penerapan program KB di daerah,  seperti Kabupaten Mesuji, Lampung Timur maupun sejumlah wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Toma dan Toga perlu didukung jajaran Dinas Kesehatan, aparat pemerintah dan kepala daerah setempat akan mampu memecahkan masalah kependudukan di Lampung. Pungkasnya. (*).

Iklan