Iklan

Iklan

,

Iklan

Pengamat IPI Nilai 15 Partai Masih cari Polarisasi Capres dan Cawapres

Redaksi
Senin, 02 April 2018, 13:10 WIB Last Updated 2018-04-02T06:13:46Z


Jakarta (Timenews.id) -- Saat ini partai-partai masih mencari polarisasi terkait calon yang bakal diusung pada pemilihan presiden 2019 mendatang.

Menurut pengamat dan peneliti politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, partai-partai masih melakukan lobi-lobi dan manuver.

"Ke tahap deal, belum dilakukan. Bagi saya akan ada tiga koalisi asalkan Partai Demokrat tidak menyebrang ke oposisi maupun pemerintah," kata dia.

Memang kekuatan Jokowi selain party machine (mesin partai) yang ditopang 7 partai Golkar, PDI-P, Nasdem, Hanura, PSI, Perindo dan juga Demokrat yang menyatakan bergabung.

"Jika mereka bergabung maka suara mereka mendominasi di parlemen," ujarnya.

Kabar baik kata dia, Gerindra akan mencari pemimpin ideal selain Prabowo lewat konvensi. Hal yang sama ujarnya, pernah dilakukan Partai Demokrat pada pilpres 2014 lalu.

"Kadang nanti last minute baru partai-partai making decision (membuat kepurusan) siapa yang akan diusungnya. Saat ini mereka masih mencari the colour of politics figur mana yang good, best and better yang akan diusungnya," ucapnya.

Sedangkan saat ini, persuasif politik terus kontinyu dilakukan. Sejauh masih dua nama yang yang sudah pasti akan maju Jokowi sang petahana dan Rizal Ramli yang sudah mendeklarasikan pencalonannya sebagai presiden.

Jerry berpendapat, apa yang dilakukan Rizal yang kerap disapa RR ini pantas ditiru. dukungan pun mulai mengalir mulai dari Jakarta, Sumut, Jatim, Sulut, Sumbar dan sejumlah provinsi di Indonesia.

Indonesia butuh pemimpin yang punya basic ekonomi dan seorang aktivis. Dan itu ada pada mantan Menteri Kemaritiman dan Menko Ekonomi di era Gus Dur, Rizal Ramli.

Tapi menurut Jerry, pasangan paling serasi jika Jokowi dan Rizal Ramli dikawinkan politik.
Lantaran, Jokowi seorang flegmatik dan Rizal Ramli memiliki sifat sanguin. Teknokrat/birokrat dan ekonom/aktivis merupakan tandem yang ideal.

Iklan