Iklan

Iklan

,

Iklan

Grand Final Pemilihan Mulli Mekhanai Kabupaten Tanggamus

Redaksi
Kamis, 05 April 2018, 18:21 WIB Last Updated 2018-04-05T11:21:13Z
Tanggamus (Timenews.id) -- Setelah melalui beberapa proses, di ikuti dari 20 Kecamatan di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi jejama ini. mengadakan Grand Final Pentas Ajang Tahunan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018, bertempat di GSG Pekon Gisting kecamatan Gisting rabu malam. (04/03/18)

Dalam sambutan Pj Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Asisten II Bidang Pembangunan FB. Karjiono, beliau sampaikan  bahwa Tahun 2018 ini merupakan kesekian kalinya kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus yang mana pemilihan muli Mekhanai ini dilaksanakan pada setiap tahun sekali, tentu saya menyambut baik atas terselenggaranya acara yang mengusung tema ” Cerdas, Berbudaya, Bermanfaat, Bersama Muli Mekhanai Tanggamus “ .

Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus, pada hakikatnya memiliki arti penting dan strategis, karna tugas dan tanggung jawab Muli Mekhanai Tanggamus terpilih, tidak ringan : Para Muli Mekhanai Tanggamus akan menjadi Pendamping Bupati Tanggamus dalam acara protokoler yang membutuhkan kebugaran fisik dan wawasan pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang, terlebih kepariwisataan karena mereka intinya mempunyai tugas untuk mempromosikan potensi-potensi wisata, budaya, kearipan lokal dan kekayaan alam Tanggamus.

Oleh karna itu, Muli Mekhanai Tanggamus tahun 2018 sebagai duta -duta yang handal, berkualitas dan memenuhi harapan, Panitia dan Dewan Juri berani melakukan terobosan Penilaian, dengan memperketat standar kualitas pemenang.
Diharapkan akan terpilih para Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus yang cerdas, berkarakter, berbudaya serta berdaya saing untuk mengawal pembangunan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtra dan unggul.

Saya berpesan kepada peserta Muli Mekhanai dua belas besar agar betul-betul bersaing secara sehat sesuai ketentuan yang menjadi ketetapan dewan juri, dan saya berharap dalam pemilihan Muli Mekhanai ini para juri bisa memberikan penilaian yang baik dan benar tanpa adanya pesanan dari pihak lain. Sehingga yang memenuhi kriteria terbaik akan terpilih menjadi Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018.
Sementara dalam  Laporan Ibu Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Ibu Retno Nova Damayanti, beliau sampaikan bahwa Dasar kegiatan adalah:
A. Undang-undang nomor 1O tahun 2009 tentang Kepariwisataan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 nomor 11, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4966);

B. Peraturan Bupati Tanggamus Nomor 76 TAhun 2016 tentang Tugas Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus
C. Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Nomor 2800/ 093 I20/2018 Tanggal 01 Januari 2018 tentang Tim Pelaksana Kegiatan Pemilihan Muii Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018. '

MAKSUD DAN TUJUAN:
A. Maksud
Maksud Kegiatan Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 ini adalah untuk mempersiapkan dan membina putra putri kita sebagai duta wisata yang sekaligus sebagai usaha menanamkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan dan seni budaya Kabupaten Tanggamus. Juga untuk meningkatkan kemampuan SDM bidang kepariwisataan dalam memeberikan pelayanan infomasi dan mempromosikan potensi-potensi wisata, budaya, kearipan lokal dan kekayaan alam Tanggamus melalui event-event kepariwisataan didalam atau diluar daerah.

B. Tujuan
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :
1). Mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat memelihara dan melestarikan adat dan budaya Lampung khususnya generasi muda.
2).Mempersiapkan para pemenang Muli Mekhanai nantinya akan menjadi duta wisata kabupaten Tanggamus dan akan mewakili Kabupaten Tanggamus pada pemilihan Muli Mekhanai tingkat Provinsi Lampung yang akan diselenggarakan pada Tanggal 12 Juli  2018 di Propinsi Lampung.

3. WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan Kegiatan pemilihan Muli Mekhanai dimulai dari pendaftaran peserta dari tanggal 15 Februari sd 15 Maret 2018, dilanjutkan dengan seleksi berkas. Sebanyak 81 peserta mengikuti test tertulis dan wawancara hingga diperoleh 24 pasang finalis yaitu 12 Mulli dan 12 Mekhanai yang masuk ke Grand Final namun satu menyatakan mundur dikarnakan sakit.

4. THEMA.
Thema Mulli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 lni adalah:
“ Cerdas, Berbudaya dan Bermanfaat bersama Muli Mekhanai Tanggamus ”
Tentunya para peserta muli mekhanai Tanggamus lni, dituntut untuk memiliki 4B, yaitu :
1. Behavior ( sikap atau perilaku yang balk )
2. Brain ( pengetahuan atau kecerdasan)
3.Brave ( keberanian ) dan
4. Beauty ( penampilan yang menarik).

Adapun daftar para Pemenang :
Daftar pemenang Muli Tanggamus
1. Muli Kab. Tanggamus : Nomor 12. Adelia Yolanda dari Pulau Panggung
2. Runner Up I Muli Tanggamus : Nomor 11 Elsa Wirantika dari Talwng Padang
3. Runner Up II Muli Tanggamus: Nomor 08 Heni Lispa dari Kotaagung Timur.

Daftar  Pemenang Mekhanai Tanggamus.
1. Mekhanai Kab.Tanggamus : Nomor 08 Haskhori Ginandho Vrima dari Pugung.
2. Runner Up I Mekhanai Tanggamus: Nomor 12 Wahyu Azi Enandar dari Kotaagung  Pusat.
3. Runner Up II Mekhanay Tanggamus: Nomor 04 Rifki Hibatullah Aziz dari Kotaagung Barat.
ATRIBUT.

1. Muli/ Mekhanai terfavorit: Nomor 04 Fitria Nanda Sari (2.247 Like di Instagram)
2. Meli/ Mekhanai berbakat: Nomor 05 Dandri Garda Varna dari Talang Padang.
3. Muli/Mekhanai Fotogenic: Nomor 09 Lingling Sekar Ayu dari Sumberejo.
Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0424 Tanggamus Letk.inf.Anang Hasto Utomo, Perwakilan Kapolres Tanggamus Polsek Talang Padang ,Danki BRIMOB Lampung ,Para Kepala OPD terkait, Para Camat, Ketua DWP Tanggamus Ibu Arjuliati Syam Andi Wijaya, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Para Dewan Juri Penilai Muli Mekhanay Tanggamus Th. 2018 dari Prov. Lampung ,dan para Peserta Finalis Muli Mekhanay Tanggamus dari perwakilan 20 kecamatan di Tanggamus.(mar)

Iklan