Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Darmajaya-Shieh Chien UniversityTaiwan Jajaki Kerjasama

Darmajaya-Shieh Chien UniversityTaiwan Jajaki Kerjasama



Bandar Lampung (TN) – Untuk memperkuat kerjasama internasional dengan Perguruan tinggi di Taiwan, Rektor IBI Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc, bersama Sekretaris Yayasan Alfian Husin, Ulfianty Shanty, dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Rahmalia Syahputri, mengunjungi Shieh Chien University (SCU) di Taipe, Taiwan pada 31 Juli 2017. 

SCU adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh Wakil Presiden Taiwan yang pertama pada tahun 1958. Memiliki 2 kampus yang ramah lingkungan didaerah Taipe, dan Kaohsiung membuat perguruan ini menjadi salah satu pusat inovasi dinegaranya. 

“IBI Darmajaya memiliki visi untuk masuk dalam 100 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada2020. Untuk itu, Darmajaya terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pengajaran, layanan, penelitian, dan kreativitas mahasiswa salah satunya melalui kerjasama internasional dengan perguruan tinggi bereputasi,” ujar  Firmansyah.

President SCU, Michael J. K. Chen, menyambut gembira hal tersebut. Disampaikan olehnya, SCU menerapkan inovasi dan spesialisasi dalam pengembangan perguruan tingginya sehingga mendapatkan predikat Teaching Excellent University oleh negaranya. Mahasiswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang nyata, mandiri, dan kreatif selama menempuh studi sesuai dengan nama Shieh Chien yang artinyaletakkan semuanya dalam praktik. 

“SCU tengah menyiapkan ruang sholat bagi pelajar muslim dan kantin yang menjual makanan halal. Hal ini menjadi magnet bagi berbagai mahasiswa asing untuk studi di SCU baik melalui program joint degree, student mobillity, maupun gelar penuh dengan total mahasiswa asing yang pernah studi disini mencapai 1.100 orang yang berasal dari 36 negara,” tuturMichael J. K. Chen.

Dalam lawatan tersebut beberapa program internasional disepakati untuk dijalankan antara lain  pertukaran pelajar, gelar ganda, kunjungan tenaga pengajar, dan pengembangan inkubator bisnis dan teknologi, dan pusat pelatihan.

Hal ini disebabkan kedua perguruan tinggi ini memiliki kesamaan dalam berbagai bidang antara lain inkubator sebagai pusat inovasi, pusat pelatihan yang dapat mengeluarkan sertifikasi internasional, dan program studi yang memiliki kelas yang diajarkan dalam bahasa Inggris penuh.

Selain itu, Michael mengundang IBI Darmajaya untuk mengirimkan dosennya untuk menjadi dosen tamu pada kuliah manajemen untuk mengajar ekonomi syariah di Perguruan Tingginya tahun depan.

Pada kesempatan itu, delegasi IBI Darmajaya, didampingi Direktur Kantor Internasional SCU, Professor Johnny Wu, mengunjungi berbagai fasilitas yang dimiliki SCU, antara lain ruang belajar, perpusatakaan, lapangan basket dan voli, kolam renang, indoor running track, asrama, kafetaria, dan lainnya.  

IBI Darmajaya membuka kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki kemauan untuk terus maju, mandiri, dan ingin menjadi mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan memiliki wawasan dan keterampilan internasional, mendaftar pada program pertukaran pelajar berbasiskan alih kredit di SCU. Mahasiswa dapat mendaftar di Kantor Urusan Hubungan Internasional mulai Oktober 2017 hingga Februari 2018 dan bagi yang lulus seleksi akan diberangkatkan ke Taiwan pada September 2018. (Humas)