Iklan

Iklan

,

Iklan

Pembangunan Infrastruktur Dan Pendidikan Menjadi Program Unggulan Pemprov

Redaksi
Rabu, 24 Mei 2017, 01:33 WIB Last Updated 2017-05-28T18:33:51Z

Bandar Lampung (Timenews.co.id) -- Memang jalan belum semuanya diaspal, tapi anak – anak harus tetap sekolah dan tetap terjaga kesehatannya. Untuk itu, selain pembangunan fisik untuk mempermudah akses masyarakat, semua pihak agar memberikan perhatian (fokus) pada sektor pendidikan dan kesehatan. Jangan sampai pembangunan berhasil, tapi kesehatan dan pendidikan tertinggal.

Pesan ini disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di balai keratun, Lampung, Senin (22/5), saat melantik dan mengambil sumpah
bupati dan wakil bupati terpilih Pringsewu Sujadi – Fauzi, bupati dan wakil bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad-Fauzi Hasan, serta Khamami – Saply, bupati dan wakil Bupati Mesuji.

“Jangan terlena dengan pembangunan infrastruktur, tapi tidak memperhatikan pembangunan kualitas manusia yang seutuhnya,” kata gubernur.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam sambutannya juga mengingatkan bupati dan wakil bupati terpilih yang baru dilantik untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi (pemprov) Lampung untuk dapat mensejahterakan masyarakat.

“Tugas kepala daerah yaitu fokus pada upaya – upaya untuk mensejahterakan rakyat. Lampung memiliki potensi besar, baik secara alami maupun hasil kerja keras para pendahulu. Tetapi masih banyak tugas yang harus dilakukan untuk mensejahterakan rakyat.

“Bupati dan wakil bupati harus memahami tugas kepala daerah. Dalam rangka pemberdayaan pembangunan haruslah satu komando dan terkoordinasi dalam kesatuan yang holistik sebagai satu kesatuan negara Republik Indonesia,” tegasnya.

Ridho juga menegaskan dan memastikan pembangunan terkoordinasi dengan pemprov dan kabupaten kabupaten sekitarnya. Mengendalikan arah perencanaan pembangunan agar SKPD serta jajaran forkopimda mengerti dan menjalankan arah pembangunan daerah.

“Jangan sampai tumpang tindih atau bahkan terbalik. Pemerintah daerah mengurusi keamanan dan sebaliknya TNI-Polri yang melaksanakan pembangunan daerah,” katanya

Gubernur Ridho menyatakan, saat ini indeks pembangunan manusia di Lampung masih rendah, berbanding terbalik dengan upaya peningkatan kesejahteraan dan angka pertumbuhan Lampung yang selalu berada di atas rata-rata pertumbuhan nasional.

“Artinya, dari sisi perekonomian, Lampung sudah berada pada jalur yang benar, akan tetapi terkait dengan membangun manusia dengan seutuhnya masih dalam kondisi yg tertinggal. Selamat bertugas, semoga kepala daerah yang dilantik hari ini dapat bekerja sebaik-baiknya untuk memberikan kesejahteraan rakyat dan kemajuan bagi Lampung,” ujar Ridho.

Pelantikan tiga dari lima pasangan bupati dan wakil bupati terpilih ini mengacu surat keputusan kemendagri nomor : 131.18 – 2997/2017 dan 132.18 – 2978/2017, tentang pengangkatan bupati dan wakil bupati Tulang Bawang Barat Lampung. Kemudian SK Nomor : 131.18 – 2980/2017 dan 132.18 – 2981/2017 tentang pengangkatan bupati dan wakil bupati Pringsewu dan SK kemendagri nomor : 131.17 – 3051/2017 dan 132.18 – 3052/2017 tentang pengangkatan bupati dan wakil bupati Mesuji Lampung. Pelantikan dilaksanakan bertahap berdasarkan masa jabatan bupati dan wakil bupati sebelumnya yang masa jabatannya akan segera berakhir dalam waktu dekat ini. (Rls/Tn/Ok)

Iklan