Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Mantap, Daya Saing Lampung Meningkat

Mantap, Daya Saing Lampung Meningkat


Bandar Lampung (Timenews.co.id) -- Berdasarkan data National University of Singapore, daya saing Lampung dari posisi 25, meningkat ke posisi 14 dalam tiga tahun terakhir. Peningkatan ini merupakan hasil kerjasama semua pihak termasuk masyarakat Pringsewu. Hal ini disampaikan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo saat kunjungan kerjanya di Pringsewu, Rabu (16/5).

Gubernur mengungkapkan, Pringsewu merupakan satu dari tiga daerah andalan dalam menaikkan daya saing Lampung.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Pringsewu yang selama ini turut serta menciptakan suasana kondusif dan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” kata gubernur.

Menurut gubernur, ada tiga daerah yang menjadi andalan dalam meningkatkan daya saing Lampung, yakni Bandarlampung, Metro, dan Pringsewu.

“Sekarang kita bersaing di era masyarakat ekonomi asean atau MEA. Saya mengandalkan Pringsewu untuk dapat bersaing dan bertarung memenangkan persaingan tersebut. Sebagai lumbung padi, kita dapat bersaing dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Salah satu andalan Lampung dalam persaingan itu adalah Pringsewu,” kata gubernur, disambut tepuk tangan ribuan warga yang memadati GOR Mini Pringsewu.

Rangkain acara yang melibatkan masyarakat, pelajar, dan petani ini diisi senam massal, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan, gerakan makan buah bersama, dan pembagian door prize dengan hadiah utama sepeda motor di Lapangan Kuncup, Pringsewu.

Gubernur menuturkan, Germas di Pringsewu ini merupakan yang kelima digelar pemerintah lrovinsi Lampung. Targetnya, memasyarakatkan pola hidup sehat sesuai instruksi presiden. Kegiatan utama Germas yakni peningkatan aktifitas fisik, prilaku hidup bersih, dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan, dan edukasi hidup sehat.

“Germas ini sejalan dengan komitmen Lampung dengan jargon Lampung maju dan sejahtera. Gerakan ini akan terus ditingkatkan, sehingga benar-benar dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Kontribusi SDM yang sehat, tentu akan berpengaruh pada perwujudan masyarakat Lampung Maju Sejahtera,” kata Gubernur Ridho.

Pada kunjungan kerja tersebut pemerintah provinsi Lampung menggelar sejumlah kegiatan yakni memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), bantuan pangan untuk mengatasi kerawanan pangan, bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), dan bantuan kepada 24 anak peserta operasi bibir dan langit-langit sumbing. (Rls/Tn/Ok)