Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Pesawaran Terima Penghargaan AK PWI Di HPN 2023.

Redaksi
Kamis, 09 Februari 2023, 19:41 WIB Last Updated 2023-02-09T12:44:46Z


MEDAN -- Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menerima secara langsung penghargaan trophy Abiyakta Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.


Pemberian penghargaan tersebut ditetapkan setelah melalui proses panjang yang meliputi seleksi administrasi, penjurian berkas proposal dan video, hingga presentasi dan tanya jawab.


Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyampaikan rasa syukur dan berbangga atas diraihnya penghargaan AK PWI Tahun 2023 ini serta ucapan terima kasih kepada kawan-kawan media yang telah banyak membantu di Kabupaten Pesawaran.


“Terima kasih kepada kawan kawan media yang telah membantu kami, Pemkab Pesawaran dalam menyebarluaskan informasi dan mengangkat budaya di Kabupaten Pesawaran terutama Sulam Jelujur, sehingga dapat diraih penghargaan hari ini,” kata Dendi, di Gedung Serba Guna (GSG) Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/2/2023).


Dirinya menjelaskan, trophy Abyakta AK PWI Tahun 2023 didedikasikan kepada mereka yang telah menjaga kerajinan budaya Sulam Jelujur dari masa transmigran 1905 sampai dikembangkan seperti saat ini.


Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, mengatakan, AK-PWI diberikan sebagai apresiasi kepada bupati/walikota di Indonesia yang mampu dan tetap mempertahankan budayanya ditengah kemajuan teknologi.


“PWI ingin mengapresiasi sosok para Bupati/Walikota yang sukses menginovasi pangan, sandang dan papan berbasis kebudayaan (kearifan lokal),” kata dia.


Menurutnya, sebagai bangsa yang besar ia ingin bangsa ini benar-benar berswasembada pangan, sehingga tidak bergantung import. Sandangnya berkepribadian dan tidak sekedar menutupi aurat, dan papannya, tempat tinggalnya, langgam arsitekturnya laras dengan alam.


“Kepala Daerah merupakan aktor inovasi penting, dalam hal ini para Bupati dan Walikota yang mempunyai visi kebudayaan dan literasi informasi, perlu diberikan apresiasi,” ujar dia.


“Kabupaten Pesawaran dengan Sulam Jelujurnya dan bermacam terobosan yang dikembangkan oleh Bung Dendi (sapaan akrab Bupati Pesawaran) berhasil membawa Nama Bupati Pesawaran menjadi salah satu penerima trofi Abyakta AK PWI tahun 2023,” timpalnya.


Sementara itu, dalam menyambut Hari Pers Nasional tahun 2023 Sumatera Utara Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa di era gempuran informasi yang begitu bebas diharapkan media mampu menyajikan informasi yang akurat dan berimbang agar tujuan mencerdaskan bangsa dapat tercapai. Dan dirinya menegaskan serta mendeadline keputusan presiden tentang Kerjasama Pers selesai dalam sebulan ini.


“Saya targetkan keputusan presiden tentang media tuntas dalam waktu sebulan. Presiden akan turun membahas Keppres tersebut,” kata Jokowi.


Dirinya juga menyatakan keprihatinannya, yang berdasarkan survei 60 persen porsi iklan diambil oleh platform media asing, tentu hal ini semakin menyulitkan media mainstream.


“Untuk itu media mainstream harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Disamping media mainstream sendiri harus berinovasi untuk bisa terus bertahan,” ujar dia.


Diketahui, Bupati Dendi bersama 9 bupati/walikota di seluruh Indonesia yang berhasil terpilih sebagai penerima penghargaan AK-PWI tahun 2023, menerima trophy yang diserahkan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari dihadapan Presiden RI Joko widodo, Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Duta Negara Sahabat, Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Pejabat Daerah setempat serta tamu undangan. (*)

Iklan