Iklan

Iklan

,

Iklan

Gubernur Lampung Menghadiri Musrenbang Penyusunan RKPD 2021

Redaksi
Kamis, 23 April 2020, 20:45 WIB Last Updated 2020-04-23T13:45:29Z
Bandar Lampung (Timenews.id) -- Timenews Lampung Arinal Djunaidi beserta Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menghadiri Musrenbang Provinsi Lampung Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2021 melalui virtual meeting, di Balai Keratun, Kantor Gubernur Lampung, Kamis (23/04)
Selain Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia, kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Fredy, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Anggota DPR RI Ahmad Bastian, Wakapolda Lampung Drs. Sudarsono, S.H.,M.Hum., perwakilan Forkopimda serta para undangan yang telah ditentukan.
Dalam Musrenbang tersebut dipaparkan isu strategis terkait pembangunan Bidang Ekonomi, Pertanian, Pariwisata, dan Infrastruktur di Provinsi Lampung
Gubernur Lampung dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah melaksanakan Musrenbang dengan baik, Gubernur juga menyampaikan bahwa Perekonomian Provinsi Lampung diperkirakan akan mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19.
“Selama masa pandemi ini pertumbuhan perekonomian daerah diperkirakan akan mengalami penurunan, namun dengan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung saat ini, pertumbuhan ekonomi Lampung masih bisa berkembang sebanyak 2,3 persen jika melakukan penyesuaian akomodasi makanan dan minuman,” ucapnya
Untuk itu, Gubernur Arinal juga memaparkan beberapa upaya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, diantaranya adalah dengan memastikan refocusing anggaran agar dapat diimplementasikan dengan cepat sesuai teknis yang sudah ditetapkan, peningkatan bidang kesehatan, kemudian mempercepat dan meningkatkan program terkait kelompok ekonomi yang paling rentan dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti program keluarga harapan, bantuan dana tunai, kartu prakerja, jaminan keberlangsungan, insentif dalam sektor transport dan industri padat karya serta menjaga stabilitas ekonomi juga membangun kepercayaan masyarakat.
“Forum strategis hari ini harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal, implementasi Kartu Petani Berjaya dan Nelayan Berjaya sudah diresmikan saat HUT Provinsi Lampung, untuk itu tidak boleh tertunda, karena ini sumber pendapatan masyarakat,” tegas Arinal
Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Lampung Fredy menyampaikan bahwa prioritas pembangunan saat ini adalah Bidang Kesehatan, karena menyangkut dampak Ekonomi serta penanganan Jaringan Sosial.
Disisi lain, Ketua DPRD Provinsi Lampung juga menyatakan bahwa, masalah pemulihan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama agar ekonomi tidak berdampak lebih buruk lagi kedepan.
“Yang pertama, kita fokuskan ke kesehatan, penguatan perlindungan sosial, dan pengamanan sosial bagi warga prasejahtera. Sektor ketahanan pangan juga menjadi perhatian serius dimasa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Mingrum Gumay. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung

Iklan