Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Pemkab Lamsel Lakukan Sosialisasi,Cegah Kekerasan terhadap Anak.

Pemkab Lamsel Lakukan Sosialisasi,Cegah Kekerasan terhadap Anak.

Lampung Selatan (Timenews.id) -- Mencegah kekerasan seksual pada anak, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar sosialisasi di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati setempat, Kamis (18/10).

Sosialisasi tentang pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak itu, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Keuangan, Yusri dan diikuti oleh pelajar dari beberapa sekolah di Lamsel.

Menurut Yusri, peran serta dan dukungan orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap gerak-gerik anak sangatlah penting, baik ditempat bermain anak maupun dengan siapa biasanya bermain.

"Dengan upaya pencegahan tersebut, diharapakan pelaku kekerasan seksual terhadap anak, bahkan terhadap orang dewasa akan berkurang," ucap Yusri mewakili Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

Selebihnya, sang anak juga harus terbuka terhadap orang tua mereka dan harus menceritakan ika ada tekanan di sekolah atau bahkan iming-iming dari orang yang tidak dikenal

"Harus cerita. Laporkan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Kalau dibiarkan terus, maka kekerasan ini yang akan terjadi. Mengingat pentingnya acara ini, ikuti dan simak dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BMSK Pemkab Lamsel, Kholil menjelaskan, sosialisasi itu juga untuk memberikan pemahaman sedini mungkin kepada seluruh komponen yang terlibat di sekolah.

"Kita beri pemahaman kepada pelajar, guru dan juga orang tua siswa, tentang pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak," katanya.

Selain itu, sosialisasi tersebut juga penting dilakukan, mengingat akhir-akhir ini cukup banyak kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Lamsel.

“Intinya para guru dan orang tua siswa selalu waspada, dan waspada. Jangan percaya kepada orang lain apalagi baru dikenal. Kalau sudah terjadi tidak ada gunanya lagi penyesalan,” terangnya.(Hrmn/Az)