Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Tanggamus Membuka Pelatihan Pembuatan Souvenir

Redaksi
Kamis, 19 April 2018, 20:02 WIB Last Updated 2018-04-19T13:02:45Z
Tanggamus (Timenews.id) -- Asisten III  Bidang Administrasi Firman Rani didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata resmi membuka Pelatihan Pembuatan Souvenir pada Masyarakat dilokasi Obyek Wisata Ekonomi Kreatif, bertempat di Aula Hotel 21Gisting,kecamatan Gisting. Kamis ( 19/4/18).

Dalam sambutan Pj Bupati Tanggamus yang diwakilkan kepada Asisten III Bidang Administrasi Firman Rani, beliau sampaikan bahwa sebagai upaya dalam promosi pariwisata, seni budaya dan ekonomi kreatif Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pariwisata Mengharapkan kegiatan yang menunjang dan tepat sasaran demi untuk peningkatan investasi daerah,promosi hasil unggulan, menarik wisatawan dan investor ,mengembangkan objek wisata, informasi dan kegiatan yang atraktif  demi peningkatan kesejahteraaan dan pembangunan dalam masyarakat.

Untuk mendorong kemajuan pariwisata dan peningkatan ekonomi kreatif yg tangguh, perlu adanya program2 pelatihan industri ekonomi kreatif. Sebagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan kreativitas yang akan menunjang perekonomian masyarakat melalui pelatihan Pembuatan Souvenir Ekonomi Kreatif yang salah satunya adalah pembuatan kerajinan dari kain yang bisa dibentuk menjadi sebuah karya yang indah dengan harga jual yang bersaing.

Pelatihan Pembuatan Souvenir Ekonomi Kreatif  ini merupakan pelatihan yg berbasis keterampilan yang harus didasarkan dengan kearifan lokal budaya dan tradisi masyarakat. Kerajinan dari kain dan beberapara kerajinan lain yang bahan dasarnya mudah didapat disekeliling kita dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dengan melalui pelatihan ini pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus menginginkan kepada para peserta pelatihan tidak hanya datang, duduk dan mendengarkan materi saja namun dapat mengembangkan dan memasarkan hasil karya ini sebagai produk unggulan  dan Souvenir khas dari Kabupaten Tanggamus, Pungkasnya.

Sementara dalam Laporan Sekretaris Dinas Pariwisata  H. Eko Triyono, SP.MM. yg mewakili Kepala Dispar, beliau sampaikan juga Dasar Penyelenggaran kegiatan ini adalah , UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Peraturan Presiden  Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 tentang Perubahan atas peraturan Presiden nomor 6 tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif.

Adapun tujuannya yakni, menambah keterampilan untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan bagi kelompok sadar wisata masyarakat sekitar objek wisata. Peningkatan pengetahuan Pengelolaan keuangan kelompok masyarakat khususnya pengelolaan Manajemen ekonomi bergulir. Serta peningkatan pengetahuan dan akses bagi masyarakat dilokasi obyek wisata dalam rangka menjalin kerja sama dengan mitra usaha.

Selanjutnya, sasarannya adalah  kelompok sadar wisata dapat berkiprah dalam pengembangan wisata di Kabupaten Tanggamus yg melalui kegiatan ekonomi kreatif menuju kelompok yang mandiri dan tangguh.

Peserta pelatihan ini berjumlah 50 Orang yg berasal dari 21 kelompok sadar wisata yang tersebar diKabupaten Tanggamus yaitu :

Kelompok Sadar Wisata Penggawa Kec. Kelumbayan sebanyak 2 orang. Kelompok Sadar Wisata Way Lalaan Kec. Kotaagung Timur 2 orang. Pokdarwis Sukaraja Kec. Semaka 2 Orang. Pokdarwis Sidokaton Kec. Gisting 2 orang. Pokdarwis Sukamaju Kec. Ulu belu 2 Orang. Pokdarwis Pesangun Kec. Kelumbayan 2 Orang. Pokdarwis Teluk Paku Kec. Ulu Belu 2 Orang. Pokdarwis Batu Kebau Kec.Kelumbayan 2 Orang. Pokdarwis Pesesekh Khikit Kec. Pematang Sawa 2 Orang. Pokdarwis Wana Wisata Laya Lestari Lebuay Kec. Air Naningan 2 Orang, dan Masih banyak lagi.

Adapaun Narasumber yang akan memberikan Materi berasal dari:
BRI Unit Gisting Kab. Tanggamus dan dari Keripik Sinta.

Turut hadir  Sekretaris Dinas Pariwisata H. Eko Triyono, SP. MM. Sekcam Gisting Royihan,SE. Rizki Julianto ,Narasumber dari Tenaga penyuluh lapangan Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian Prov. Lampung, Sinta dari Keripik Sinta, serta para peserta Pelatihan Pembuatan Souvenir pada Masyarakat dilokasi Obyek Wisata. (kmf/mar)

Iklan