Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
DPO Curian Motor Rumah Kosong Ditangkap Polsek Pulau Panggung

DPO Curian Motor Rumah Kosong Ditangkap Polsek Pulau Panggung

Tanggamus (Timenews.id) -- Daftar Pencaraian Orang (DPO) berinisial BA (17) warga Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Pulau Panggung.

Dari penangkapan tersebut terungkap beberapa fakta mengejutkan, karena selain mencuri di rumah korban Ardiansyah (33) beralamat di Pekon Air Naningan Kecamatan Air Naningan pada Januari 2018 lalu, juga mencuri sepeda motor Yamaha Mio Nopol BE 4379 BK milik Yulias (45) warga Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung.

Hal tersebut dikatakan, Kapolsek Pulau Panggung AKP Budi Harto, SH saat Ia berada di Polres Tanggamus. "BA merupakan DPO dalam perkara Curat di rumah Ardiansyah pada Januari 2018. Tersangka diamankan pada Senin (16/4/18) pukul 20.00 saat akan membawa sepeda motor BE 4379 BK hasil curian yang disembunyikan diperkebunan warga di Pekon Tekad ," kata AKP Budi Harto, SH. mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.IK. M.Si, Rabu (18/4) sore.

Dijelaskan Kapolsek, pencurian dirumah korban Ardiansyah pada Minggu tanggal 31 Desember 2017 pukul 02.00, tersangka bersama seorang temannya AZ (DPO) masuk kedalam rumah yang sedang ditinggalkan korban, dengan mendongkel jendela dapur menggunakan golok miliknya. Setelah itu langsung mengambil barang-barang milik korban.

"Akibat pencurian korban mengalami kehilangan tiga senapan angin, tiga senter, satu pompa senapan dan sebuah laptop, keruguan seluruhnya senilai Rp. 8 juta," ujar AKP Budi Harto.

Sambungnya, dalam perkara pencurian sepeda motor milik korban Yulias, tersangka bersama 2 temannya berinisial R dan S, pada Senin (16/4) sore mencuri sepeda motor tersebut dengan cara mendorongnya sejauh 1 km kemudian menyembunyikannya di perkebunan warga.

"Setelah dilakukan pengintaian, sekitar pukul 20.00 tersangka yang akan mengambil sepeda motor yang disembunyikannya, diamankan tanpa perlawanan berikut barang bukti," terangnya.

Ditambahkan Kapolsek, terhadap keterlibatan teman-temannya dalam dua perkara tersebut telah ditetapkan DPO, tersangka BA sendiri diamankan di Polsek Pulau Panggung guna penyidikan lebih lanjut.

Sementara, menurut penuturan tersangka BA selama dia menjadi DPO, melarikan diri keluar wilayah Lampung, "Kabur pak, ke Padang, kembali kesini sekitar semingguan dan mencuri sepeda motor mio itu," tuturnya sambil menunjuk barang bukti.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUPidana dan UU Nomor 35 tahun 2014 dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. (*/mar)