Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Hack IT Run Darmajaya, Mahasiswa Presentasikan Ide Usaha

Hack IT Run Darmajaya, Mahasiswa Presentasikan Ide Usaha



Bandar Lampung (TN) Start up dari kalangan mahasiswa makin bermunculan melalui program Darmajaya Technopreneurship 2017. Belasan ide bisnis dipresentasikan oleh mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya pada kegiatan Hack IT Run yang berlangsung di kampus setempat, Sabtu (29/07).
Ide usaha yang dipaparkan mahasiswa tersebut termasuk dalam sub sektor ekonomi kreatif seperti kuliner, aplikasi dan pengembangan teknologi.Beberapa mahasiswa tertarik untuk membangun bisnis dibidang inovasi kuliner yangmengangkat makanan tradisional. Adapula mahasiswa yang membuat aplikasi market place, dan pengembangan teknologi sebagai layanan masyarakat.
Hack IT Run merupakan salah satu rangkaian kegiatan Darmajaya Technopreneurship 2017 yang digelar Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek) bekerjasama dengan tim dosen pemenang hibah pengabdian kepada masyarakat program IPTEK bagi Kewirausahaan (IbK) dari Kementerian Riset Tekonologi dan Pendidikan (Kemenristek Dikti).
Ide bisnis mahasiswa dinilai oleh Kepala Inkubitek sekaligus tim Ibk, Niken Paramitasari, SE., MM, perwakilan dosen mata kuliah Technopreneurship, YusminarWahyuningsih, SE., MM, praktisistart upDJCorp, David Kurniawan, SKom dan Firdaus Chaniago, SKom.
“Nantinya seluruh ide bisnis mahasiswa ini akan di Inkubasi untuk mendapat mentoring, consultasi, coaching, serta pelatihan proposal bisnis dan legal clinic. Lima ide usaha terbaik dipilih tim juri untuk mendapatkan bantuan modal usaha,” ujar Niken.
Lanjut Niken, sebelumnya peserta Darmajaya Technopreneurship 2017 telah melalui beberapa. Diantaranya,Brief untuk memahami tentang apa itu startup bisnis, bagaimana memulainya, dan hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan ide bisnis. Mereka juga telah melalui tahap Workspace yang membahas design thingking, create team/network session, dan canvas model.
Sementara itu, Ketua IbK, Ariza Eka Yusendra, SP., MM menuturkan, Darmajaya Technopreneurship 2017 diharapkan dapat mendorong lahirnya minimal 5 starup business dari kalangan mahasiswa dan alumni Darmajaya, serta menumbuhkan ekosistem startup businessdi Lampung.
“Darmajaya secara konsisten berupaya menanamkan, serta pengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneur skill) untuk memberdayakan mahasiswa, dan alumni. Tujuannya, agar mampu bersaing di pasar global. Sehingga, mereka tidak hanya mampu berkompetisi di dunia kerja, tapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” tandasnya.(*)