Iklan

Iklan

,

Iklan

Ketua PKK Provinsi Kerjasama (MoU) Dengan Kadis Kesehatan

Redaksi
Rabu, 10 Mei 2017, 07:53 WIB Last Updated 2017-05-29T00:54:09Z

Bandar Lampung (Timenews.co.id) -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Tim PKK Provinsi Lampung dengan  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung  dr Reihana, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina,  Kepala Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan Benjamin Saut, dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Utama Lampung Djamal, dalam Rapat Konsultasi (RAKON) TP PKK Provinsi Lampung tahun 2017 di Aula Kantor PKK, Senin (08/05/2017).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo menyampaikan, kesepakatan ini  sebagai pedoman bagi para pihak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Kanker Leher Rahim, Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Pembangunanan Keluarga dalam rangka mewujudkan Keluarga Sehat dan Berkualitas di Provinsi Lampung.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan program Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Selain itu meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan khususnya kader Gerakan PKK, memantapkan peran PKK dan terwujudnya kerjasama dan sinergitas antara para pihak dalam memberikan sosialisasi dan diseminasi terhadap bahaya kanker leher Rahim”, ujar Yustin Ficardo

Lebih lanjut Ketua TP PKK Provinsi Lampung ini menjelaskan, pada tanggal 4 Maret yang lalu baru saja diperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-45 semoga PKK tetap jaya dan dapat menjaga serta meningkatkan kesatuan dalam gerak langkah, menuju tercapainya visi dan misi gerakan PKK yaitu terwujudnya kesejahteraan keluarga di masyarakat.

“Selaku Unsur TP PKK kita patut bangga, bahwa di Negara ini tidak ada kelembagaan yang sebesar dan selengkap PKK. Karena kelembagaan PKK ada di setiap tingkatan, mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan . Untuk itulah pada rapat kali ini diharapkan dapat tersosialisasinya hasil Rakon di Jakarta pada tanggal 8-10 Maret 2017 lalu, dan dapat menentukan langkah-langkah tindak lanjut, yang dituangkan dalam rencana kerja PKK, yang tepat guna dan tepat sasaran”,

Dalam kesempatan ini Yustin juga menyampaikan TP PKK Provinsi Lampung bersama 3 Provinsi Lainnya yaitu Provinsi Jawa Timur, Bali dan Papua, mendapatkan penghargaan dari Ibu Negara RI atas Prestasi dalam menggerakan sasaran, untuk Deteksi Dini Kanker Serviks malalui Test IVA.
“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota PKK Provinsi Lampung atas kerja Nyatanya dalam mensukseskan Program IVA yang sukses membawa nama Provinsi Lampung mendapat Penghargaan pada  peringatan Hari Kartini tingkat Nasional tahun 2017 di Kalimantan Selatan dengan kategori Jumlah pemeriksaan IVA Test dengan kenaikan tertinggi Se-Indonesia” ujar.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Theresia Sormin, saat membuka Rakon mengatakan bahwa PKK sebagai mitra pemerintah selama ini cukup banyak berbuat dan diakui peran serta dan keberhasilannya dalam proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Pemerintah Provinsi mendorong Gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan misi bersama pemerintah menyukseskan program-program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat”

Selain itu pemerintah juga beharap agar TP PKK Provinsi Lampung diharapkan agar besama-sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota semakin mempererat harmonisasi dengan menjalin kerjasama, menyamakan persepsi serta misi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, sehingga dapat memberi kontribusi dalam melakukan perubahan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik. (Rls/Tn/Ok)

Iklan