Iklan

Iklan

,

Iklan

HUT Ke 53 Gubernur Berharap Mewujudkan Lampung Maju dan Sejahtera.

Redaksi
Senin, 20 Maret 2017, 19:33 WIB Last Updated 2017-03-20T12:33:31Z

Bandar Lampung (Timenews.co.id) - - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengajak seluruh jajaran pemerintah dan elemen masyarakat untuk menjadikan momen Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung Ke-53 sebagai wahana untuk introspeksi kinerja dalam upaya mendukung kebijakan dan program prioritas pembangunan guna mewujudkan Lampung Maju dan Sejahtera. Hal ini disampaikan dalam acara Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung Ke-53 di Kantor DPRD Provinsi Lampung, Senin (20/03).

Dalam sambutannya,  M. Ridho Ficardo menjelaskan bahwa di usia yang ke-53, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan berbagai kebijakan dan program-program prioritas dalam rangka mewujudkan Lampung Maju dan Sejahtera. Dimana saat ini sebagian telah selesai atau sedang berjalan pembangunannya, diantaranya seperti Revitalisasi Bandara Raden Inten II yang akan menjadi Bandara Internasional sekaligus menjadi Embarkasi Haji serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Pembangunan Bandara Pekon Serai untuk mendukung Pengembangan Wisata Pesisir Barat, Pembangunan Jalan Tol Trans Lampung Bakauheni-Terbanggi Besar, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Way Rarem dan Batu Tegi untuk mendukung Program Ketahanan Pangan, Pembangunan Kawasan Industri Maritim Tanggamus, Pembangunan Pembangkit Listrik untuk Kemandirian Energi serta lanjutan Pembangunan Institut Teknologi Sumatera dan Pembangunan Shortcut Rejosari-Tarahan dan Double Track Kereta Api Cempaka-Rejosari.

Tak hanya program prioritas, menurutnya hingga saat ini juga telah banyak capaian kemajuan yang dilaksanakan di Provinsi Lampung. Beberapa capaian kemajuan pembangunan Provinsi Lampung ditandai dengan meningkatnya peringkat daya saing yang diterbitkan oleh Asia Competitiveness Institutebahwa Provinsi Lampung dari Peringkat 25 pada tahun 2015 meningkat menjadi peringkat 18 pada Tahun 2016 dari seluruh provinsi di Indonesia serta pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung yang berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,15% serta penurunan tingkat pengangguran di Provinsi Lampung.

Selain itu sejak tahun 2014-2016 Provinsi Lampung telah meraih beberapa penghargaan diantaranya penghargaan atas komitmen yang tinggi dalam upaya peningkatan mutu dan keamanan pangan, penghargaan Adibakti Mina bahari sebagai Pelabuhan Perikanan Teladan II Tingkat Nasional, Penghargaan Terbaik III Tingkat Nasional dalam membangun desa, memperoleh Predikat wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah daerah (LKPD), Anugerah Iptek Budhipura, Anugerah bagi daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah, Provinsi Terbaik dalam Penanganan Konflik Sosial, Penghargaan  sebagai Pembina Utama Seni Budaya dan Pariwisata Daerah serta berbagai penghargaan lainnya.

Lebih Lanjut, Ridho juga berharap berbagai program prioritas pembangunan daerah diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing Provinsi Lampung seperti Pembangunan di bidang infrastruktur, bidang pembangunan manusia, dan dibidang perekonomian.

"Maka dari itu, mari kita jadikan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-53 ini sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang telah dan akan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung. Hal ini tidak mudah untuk diwujudkan, akan tetapi dengan komitmen yang sungguh-sungguh dan kebersamaan untuk memajukan Provinsi Lampung, Insya Allah secara bertahap dapat diwujudkan", tambahnya.  

Sementara Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal ketika membuka rapat Paripurna Istimewa menjelaskan bahwa Provinsi Lampung awalnya dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian ditetapkan kembali dengan undang-undang Nomor 14 Tahun 1964 tentang pembentukan daerah tingkat I lampung.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa sebelumnya Provinsi Lampung merupakan keresidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan tanggal 18 maret merupakan hari penyerahan /pelepasan secara resmi keresidenan Lampung dari Sumatera Selatan. Dimana pada awal berdirinya Provinsi Dati I Lampung, hanya terdiri dari 1 (satu) Kotapraja Tanjung karang dan 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Lampung Utara, dan saat ini berkembang menjadi 15 kabupaten.

Selain itu Ia juga berharap bahwa Rapat Paripurna istimewa Peringatan HUT Provinsi Lampung ke - 53 dalam penyelenggaraannya dapat menjadi tanggung jawab bersama jajaran di tingkat Provinsi, Kabupaten/kota sebagai wujud kebersamaan karena acara ini merupakan milik seluruh masyarakat Lampung.

"Kita bersama-sama menyadari tantangan yang akan dihadapi Provinsi Lampung dalam upaya pembangunan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat akan lebih berat. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan solidaritas, harmonis, bahu membahu dan bergotong royong untuk mewujudkannya" Ujar Dedi.

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana,  dalam Sidang Paripurna ini dihadiri Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Asisten Gubernur Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Bupati/Walikota Se-Provinsi Lampung, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator serta Pengawas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Rektor Universitas Negeri/Swasta Se-Provinsi Lampung, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung, dan Perwakilan Masyarakat Lampung.(Rls /Tn/Ok) 

Iklan